Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpelukan Sama Pentingnya dengan Seks dalam Hubungan Suami Istri

Kompas.com - 28/02/2017, 22:43 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber Mic

KOMPAS.com – Salah satu keluhan yang umum diutarakan pasangan suami istri yang telah menjalani rumahtangga dalam hitungan menahun adalah pudarnya intimasi dan kehangatan seperti awal pernikahan.

Hubungan seksual yang rutin pun tidak menjamin terciptanya kembali sebuah romansa dan ikatan emosional seperti sedia kala.

Menurut studi kondisi ini biasa terjadi karena hilangnya ritual berpelukan dan dekapan dalam pernikahan.

Seiring waktu, pasangan suami istri menjalani kehidupan bak rutinitas yang serba monoton dan menimbulkan rasa bosan.

Studi yang kali pertama dirilis oleh Journal of Social and Personal Relationship terhadap 397 responden suami istri menemukan bahwa berpelukan sebelum bercinta sama pentingnya dengan hubungan seks itu sendiri.

Berpelukan, menurut studi, meskipun tidak diikuti dengan hubungan seks terbilang kaya manfaat untuk kualitas hubungan suami istri yang telah berjalan lebih dari lima tahun.

Studi juga menerangkan, kontak fisik tanpa penetrasi, seperti berpelukan, berciuman, dan memberikan sentuhan menghadirkan kepuasan personal, memperbaiki komunikasi, serta mengurangi konflik internal.

Responden pria dan wanita sebagian besar mengakui, memiliki pengalaman baik dengan kembali membiasakan saling berpelukan dengan pasangan.

“Studi memperlihatkan, manfaat berpelukan paling banyak dirasakan oleh responden wanita. Mereka merasakan lebih dekat dan gaya komunikasi pun terus mengarah positif,” ujar Chelom Leavitt, rekan penulis studi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mic
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com