Kompas.com - 01/03/2017, 19:03 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Bagi kebanyakan wanita, menstruasi merupakan tamu tak diundang yang datang setiap bulan. Setelah mengalaminya selama bertahun-tahun, Anda mungkin telah memiliki rutinitas tertentu dan merasa tahu segala hal tentang menstruasi.

Dokter Sara Togood menjelaskan, perubahan hormon selama siklus menstruasi mempengaruhi syaraf otak yang bertanggung jawab untuk beberapa fungsi diri Anda, termasuk suasana hati, libido, nafsu makan, rasa gelisah, emosi, rasa sakit, dan kesenangan.

Dia melanjutkan, tubuh setiap orang berbeda, sehingga beberapa  orang mungkin lebih sensitif saat menstruasi.

Berikut ini adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh wanita saat menstruasi.

1. Melakukan waxing

Jaime Knopman, MD, menjelaskan bahwa sebaiknya Anda tidak melakukan waxing pada tubuh kala menstruasi. Sebab, pada masa tersebut, kulit menjadi lebih sensitif sehingga rasa sakit waxing pun berlipat ganda.

2. Tidak menggunakan pelindung saat berhubungan seks

“Darah merupakan media yang baik untuk virus sehingga bisa terjadi penularan HIV pada saat menstruasi. Selain itu, leher rahim sedikit melebar dan mempermudah untuk terjadinya kanker serviks,” kata Knopman.

Lalu, kehamilan ternyata bisa terjadi saat sedang menstruasi, terutama untuk wanita yang periode menstruasi yang teratur.

3. Menggunakan pembalut lebih dari empat jam

Lebih baik ganti pembalut setiap tiga atau empat jam penggunaan. Menurut Dr Angela Jones, seorang dokter kandungan, jangka waktu ini dapat mengindarkan bagian privat Anda dari bau dan penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

4. Kurang tidur

Tidur memang penting, apalagi saat Anda menstruasi. Jika wanita yang sedang menstruasi kurang tidur, maka hormon stres akan meningkat dan hormon tubuh yang berfungsi dalam meregulasi menstruasi akan berantakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber bustle.com


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.