Kompas.com - 03/03/2017, 17:05 WIB
Pastikan, barang yang dibeli memang dibutuhkan, bukan berdasarkan keinginan sesaat. THINKSTOCK.COMPastikan, barang yang dibeli memang dibutuhkan, bukan berdasarkan keinginan sesaat.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Belanja memang kegiatan yang esensial dalam memenuhi kebutuhan hidup. Akan tetapi, Anda juga harus berhati-hati agar tidak kecanduan.

Seorang psikolog klinis, Dra A Kasandra Putranto, Psikolog, menekankan bahwa setiap orang, terutama wanita, harus bisa mengendalikan diri saat belanja.

“Bahaya adiktif itu sama saja seperti bahaya narkoba, internet dan sebagainya. Sama seperti halnya belanja, jika sudah adiktif akan berbahaya,” ujar Kasandra dalam pembukaan acara #Shopalogic Fashion Fair di Mall Taman Anggrek Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Lalu, orang yang sudah kecanduan belanja ini ternyata tidak hanya membahayakan dirinya saja, tetapi juga orang lain.

Pernah dengar yang namanya gali lubang, tutup lubang? Orang yang sudah kecanduan belanja bisa saja menggerus isi kantong Anda meminjam uang tanpa mampu membayarnya kembali.

Selain kerugian materi, kecanduan belanja ternyata juga dapat mengganggu kesehatan seseorang.

Kasandra pun memberikan contoh, seorang wanita yang kecanduan belanja seringkali tidak memperhitungkan kebutuhan-kebutuhan yang bisa timbul di masa depan. Akibatnya, ketika anaknya sakit, dia tidak bisa membayar dan harus meminjam uang.

“Ini juga dapat merusak fisik anaknya, yang seharusnya anaknya sehat, gara-gara uangnya kepakai belanja, jadi nggak bisa berobat,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.