Kompas.com - 05/03/2017, 18:47 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Definisi kebahagiaan selalu menjadi misteri bagi umat manusia. Sebab, setiap orang di dunia memiliki pemahaman mengenai kebahagiaan yang berbeda-beda.

Ada yang bahagia cukup dengan menghirup udara pagi yang segar. Ada yang merasa bahagia melihat hamparan pantai yang mengharu biru dan masih banyak lagi.

Sebuah riset menemukan bahwa sebenarnya jarak kebahagiaan itu tidak jauh dari ujung jarinya. Sebab, kebahagiaan itu berasal dari pikiran Anda.

Menurut Dan Baker, Ph.D., seorang pendiri dan direktur Life Enhancement Program di Canyon Ranch, Arizona, AS, mengapa kebahagiaan itu berbeda-beda pada setiap orang karena dipengaruhi faktor keturunan.

“Riset saya memperlihatkan bahwa kemampuan untuk merasakan bahagia itu 50 persen dipengaruhi oleh genetis, 10 persen karena kejadian, dan 40 persen karena niat dari hati,” terang Baker.

Kebahagiaan, kata Baker, merupakan efek samping dari sebuah tujuan hidup, prinsip pada kepercayaan, dan mengembangkan potensi hidup.

“Kebanyakan orang mengalami stres dan mudah putus asa karena tidak memiliki tujuan hidup dan mimpi. Namun, kemampuan untuk mensyukuri ketika rencana itu tercapai memang tergantung dengan cara berpikir. Itulah mengapa riset menemukan kebahagiaan itu genetis,” urainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baker menganjurkan agar kita semua melatih untuk tidak membebani pikiran dan membiarkan hati bergerak tanpa batasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Shape

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.