Kompas.com - 10/03/2017, 07:33 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorSri Noviyanti


KOMPAS.com — Camilan berwarna terang atau berbentuk unik di pinggir jalan kerap membuat anak tergoda. Padahal, jajanan ini sering kali kurang terjamin kebersihan dan kesehatannya. Apa saja yang perlu dicermati orangtua soal camilan untuk anak?

Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, seperti dilansir Kompas.com (10/12/2016), menyebutkan ada empat tanda jajanan kurang sehat di dalam materi bahan ajar untuk guru. Pertama, soal warna makanan terlalu mencolok.

Kedua, camilan memiliki rasa terlalu tajam. Sangat pahit atau gurih, misalnya. Ketiga, makanan berbau kurang sedap seperti bau asam atau busuk. Terakhir, jajanan hanya dibungkus koran atau kertas bekas.

Selain itu, camilan yang mudah terpapar debu atau lalat juga sebaiknya dihindari. Pasalnya, apabila jajanan seperti itu terlalu sering dikonsumsi anak, besar kemungkinan timbul masalah kesehatan.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI), Fiastuti Witjaksono, mengatakan ada dampak kesehatan dalam jangka pendek dan jangka panjang dari mengonsumsi sembarang makanan.

“Efek jangka pendek biasanya sakit diare. Adapun dampak jangka panjang dapat berupa penyakit kanker atau hipertensi,” ujar Fiastuti, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (26/1/2016).

Sedia bekal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyediakan bekal dapat menjadi salah satu cara untuk memastikan anak mengonsumsi camilan bersih dan sehat saat di sekolah.

thinkstock/noblige Ilustrasi anak makan bekal di sekolah

“Pastikan sayur dan buah-buahan ada di dalam menu bekal anak. Sedangkan untuk minuman, sebaiknya berikan susu rendah lemak,” ucap perawat Melissa Angela, dalam artikelnya di situs web livestrong.com, Rabu (19/8/2015).

Adapun kebutuhan karbohidrat anak bisa dipenuhi dengan menu roti atau kentang. Selain itu, tambahan keju atau kacang-kacangan dapat memenuhi kebutuhan protein.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.