Kompas.com - 10/03/2017, 14:03 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Kebanyakan wanita beranggapan bahwa penggunaan tabir surya hanya diperlukan pada saat berkegiatan di luar ruangan, bahkan hanya pada saat liburan.

Padahal, seorang dermatolog, dr Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, menganjurkan untuk menggunakan tabir surya setiap hari.

“Sun Protection Factor (SPF) digunakan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet B (UVB),” ujar dr Srie dalam acara Nivea Sun Adventure #EnjoyTheSun di Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Dia melanjutkan, pada dasarnya kebutuhan setiap orang terhadap tingginya SPF pun tergantung pada variasi kulit mereka. Sebab, wanita yang berkulit putih membutuhkan kadar SPF yang lebih tinggi.

“(Lalu) penggunaan tabir surya juga tergantung pada aktivitas kita, tetapi yang direkomendasikan di dunia adalah SPF 30,” ucapnya.

Apabila kegiatan Anda sehari-hari hanya di dalam ruangan, maka gunakan tabir surya dengan SPF 30. Sementara itu, jika Anda harus beraktivitas di luar ruangan untuk waktu yang cukup lama, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang lebih tinggi.

“Kalau bisa, pilih produk yang sesuai dengan aktivitas kita, misalnya kalau di laut gunakan (tabir surya) yang tahan air,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.