Kompas.com - 15/03/2017, 20:02 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Melihat atau menyaksikan seseorang yang Anda kenal berselingkuh biasanya membuat diri Anda panik, seolah-olah Anda yan tertangkap selingkuh dengan pasangan.

Kondisi itu semakin membingungkan ketika orang yang berselingkuh itu adalah suami teman Anda atau istri dari teman Anda.

Apa yang harus Anda lakukan?

Justin Lehmiller, seorang penulis ilmiah dan psikolog sosial, mempelajari kebanyakan reaksi sejumlah responden mengenai kondisi kurang kondusif dalam pertemanan tersebut.

Dia mengungkapkan bahwa kebanyakan orang akan melaporkan perselingkuhan jika orang yang dikhianati tersebut adalah teman dekat atau sahabat.

“Kebanyakan orang akan melaporkan perselingkuhan itu ketika si pelakunya telah berada dalam hubungan serius dengan keluarga atau sahabat, terutama jika perselingkuhan itu berpotensi untuk menularkan penyakit seksual pada orang lain,” terang Lehmiller.

Dia mengatakan bahwa kebanyakan responden yang dia teliti mengaku, tidak langsung melaporkan apa yang mereka saksikan pada orang yang diselingkuhi, tetapi mereka melakukan riset mendalam sehingga mendapatkan data akurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.