Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pro dan Kontra Pilih Kelinci sebagai Hewan Peliharaan Anak

Kompas.com - 19/03/2017, 12:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com – Kelinci merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan dan imut. Alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik memelihara kelinci.

Anak-anak pun biasanya senang melihat dan bermain dengan kelinci. Kelinci yang melompat-lompat membuat anak terus tergerak untuk mengejarnya.

Selain itu, dibandingkan hewan peliharaan lainnya, kelinci cenderung lebih “pendiam” dan tidak menimbulkan suara yang membuat satu rumah bising.

Namun, sebelum buru-buru memutuskan memelihara kelinci, maka ada baiknya menyimak pro dan kontra dari memelihara kelinci oleh Laura Vissatiris, Animal Behaviourist.

Pro

1. Memiliki hewan peliharaan menumbuhkan kemampuan kasih sayang pada anak dan berempati pada kebutuhan orang lain.

2. Anak-anak usia enam tahun atau lebih biasanya sudah bisa diberikan tanggung jawab. Jadi, pengalaman memiliki hewan peliharaan bisa menjadi sangat berharga.

3. Kelinci tidak memiliki ruangan yang luas. Kelinci lebih nyaman dan bahagia berada dalam kandang pada siang hari dan bermain di rumput menjelang senja.

4. Kelinci adalah hewan yang mampu menyayangi dan biasanya bulu serta tubuh mereka bersih. Selain itu, kelinci lebih mudah dilatih untuk buang air di tempatnya.

5. Umumnya, orang-orang yang alergi pada kucing dan anjing tidak memiliki kondisi serupa pada kelinci.

6. Suara kelinci tidak menimbulkan kebisingan.

Kontra

1. Beberapa jenis kelinci akan tumbuh dengan ukuran besar. Jadi, pastikan apa jenis kelinci pilihan Anda sehingga tidak menimbulkan masalah seiring usia kelinci.

2. Kelinci tidak bisa beradaptasi dengan hewan lainnya. Nah, apabila Anda memiliki anjing dan berniat memelihara kelinci untuk si kecil, maka ini bisa menjadi masalah baru.

3. Kelinci punya kebiasaan mengunyah untuk menjaga gigi mereka sehat dan bersih. Berhati-hatilah jangan meletakkan kandang kelinci berdekatan dengan tali elektronik.

4. Dalam kondisi terancam, kelinci bisa menggigit dan agresif.

5. Kelinci lebih rapuh dari anjing dan kucing. Anak-anak bisa secara tidak sengaja menyakiti dan menginjak kelinci ketika sedang bermain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com