Kompas.com - 23/03/2017, 06:10 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Anda pasti tahu bahwa cara melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari adalah menggunakan krim tabir surya atau sunblock.

Namun, tak sekali Anda merasa kulit tetap terbakar atau menggelap meski sudah menggunakan krim tabir surya.

Seorang dermatolog dan anggota dari American Academy of Dermatology, Lauren Ploch, MD, menguraikan tiga kesalahan penggunaan krim tabir surya. Berikut uraiannya:

Terlalu sedikit memulaskan krim tabir surya
Mengenakan krim tabir surya sama dengan mengaplikasikan alas bedak dan kuteks, harus merata.

Krim tabir surya yang efektif tergantung dari kandungan SPF.

Jadi, jika Anda menggunakan SPF 30, maka produk itu akan melindungi kulit dari sinar matahari 30 kali lebih kuat ketimbang sama sekali tidak menggunakannya.

Otomatis, semakin tinggi SPF pada krim tabir surya, maka semakin kuatlah perlindungan pada kulit Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Untuk melindungi seluruh tubuh dari sinar matahari, setidaknya Anda harus menggunakan krim tabir surya sebanyak satu ons atau satu shot glass penuh," jelas Dr Ploch.

Berkeringat
Perlindungan terbaik menggunakan krim tabir surya adalah memulaskannya lebih dari satu kali. Jadi, kembali pulaskan krim tabir surya setiap kali Anda berkeringat.

Dr poch menyarankan untuk memilih krim tabir surya yang mengombinasikan UVB, UVA, dan kandungan titanium dioxide serta zinc oxide untuk proteksi lebih kuat.

Krim tabir surya antiair kurang efektif
Krim tabir surya waterproof tidak akan memberikan perlindungan maksimal pada kulit.

“Meskipun Anda tidak berenang atau berkeringat, Anda tetap harus mengulang aplikasi krim tabir surya setiap 80 menit sekali,” pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.