Kompas.com - 23/03/2017, 19:05 WIB
Tas Birkin dari Hermes GLAMOUR.COMTas Birkin dari Hermes
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Banyak orang yang mengklaim bahwa membeli tas mewah adalah sebuah investasi. Namun, jangan salah mengira bahwa investasi yang dimaksud di sini sama dengan ketika Anda membeli saham.

Sebab, meraup keuntungan finansial dari menjual kembali sebuah tas mewah jarang terjadi.

Mega Anjasmoro, eCommerce & Marketing Manager Bananina, mengatakan di acara soft launching Preloved by Banananina, Jakarta, Rabu (22/3/2017), mayoritas tas yang dapat dijual kembali dengan harga lebih tinggi daripada saat dibeli adalah Hermes.

“Chanel itu belum sih, belum ada fenomena Chanel lebih mahal saat dijual kembali,” katanya.

Akan tetapi, seperti testimoni yang diberikan oleh sosialita Renny Angesti di acara yang sama, Anda akan sangat kesulitan untuk membeli langsung dari tokonya dengan harga ritel karena beberapa tas Hermes dikhususkan untuk para pelanggan VVIP rumah mode tersebut.

Selain Hermes, Mega berkata bahwa pada saat ini, seri Metis dari Louis Vuitton bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi juga. Namun, tas tersebut cukup langka dan di Paris sendiri, banyak toko-toko yang kehabisan.

“Jadi, ketika orang beli tas Metis ini dengan harga Rp 20 juta misalnya, kita bisa jualkan untuk Rp 25 juta,” ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walaupun demikian, bukan berarti bahwa tas-tas lainnya yang tidak menguntungkan ketika dijual kembali tidak bisa disebut investasi.

Menurut Mega, tas mewah bukanlah investasi dengan pendapatan tetap, tetapi investasi alternatif.

“Sebab, yang pertama dipikirkan ketika berbicara mengenai produk mewah adalah kolektor. Nah, saat kolektor ini butuh dana, dia bisa menjual tasnya,” ucapnya.

Dia melanjutkan, kalau kita kembali ke pelajaran ekonomi, barang yang bisa dijual kembali paling hanya emas. Namun, ternyata tas itu juga bisa dijual kembali. Oleh karena itulah, kita menyebutnya investasi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.