Kompas.com - 24/03/2017, 18:49 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Banyak tersenyum membuat wajah terlihat lebih ramah dan sedap dipandang, tetapi ironisnya tersenyum menciptakan garis-garis halus di sekitar ujung bibir Anda.

Berdasarkan penjelasan Dr Arash Akhavan, MD, pendiri The Dermatology & Laser Group, garis senyum tidak disebabkan karena adanya penuaan pada lapisan kulit bagian dalam, tetapi karena kebiasaan gerakan wajah.

“Untuk sebagian orang, ini bisa jadi genetik, contohnya, putriku yang baru berusia sembilan tahun memiliki garis tawa di area bibir dan pipinya,” jelas Dr Akhavan.

Garis senyum akan terlihat jelas pada seseorang yang kehilangan elastistisitas kulit dan lemak di bagian tengah wajah.

Dr Akhavan mengatakan, Anda kebiasan tidur dengan posisi menyamping dan wajah mengarah ke bawah, terjadi tekanan pada kulit yang menyebabkan keriput.

Lalu, seorang dermatolog lainnya, Dr Alex Karidis, mengatakan, garis senyum atau nasal-labial fold bisa juga terjadi karena posisi tidur yang berdampak tidak baik untuk wajah.

“Garis senyum bisa terbentuk karena posisi tidur yang menyebabkan kulit cepat keriput. Kulit di bagian mata cenderung lebih tipis,” jelas Dr Karidis.

MARIECLAIRE.COM Posisi tidur agar tidak tercipta garis kerutan

Namun, jika Anda lebih nyaman tidur dengan posisi menyamping, maka ada strategi khusus yang bisa menjadi solusi.

“Aku juga selalu tidur menyamping. Aku pun lebih suka menggunakan bantal yang keras. Aku menjaga wajah agar tidak keriput dengan cara meletakkan setengah wajah, bagian hidung ke atas, pada wajah, sisa bagian wajah tidak menyentuh bantal,” jelas Rene Rouleau, seorang pakar estetika langganan selebriti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.