Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Agar Garis Senyum Tak Jadikan Wajah Terlihat Tua

Kompas.com - 24/03/2017, 18:49 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Banyak tersenyum membuat wajah terlihat lebih ramah dan sedap dipandang, tetapi ironisnya tersenyum menciptakan garis-garis halus di sekitar ujung bibir Anda.

Berdasarkan penjelasan Dr Arash Akhavan, MD, pendiri The Dermatology & Laser Group, garis senyum tidak disebabkan karena adanya penuaan pada lapisan kulit bagian dalam, tetapi karena kebiasaan gerakan wajah.

“Untuk sebagian orang, ini bisa jadi genetik, contohnya, putriku yang baru berusia sembilan tahun memiliki garis tawa di area bibir dan pipinya,” jelas Dr Akhavan.

Garis senyum akan terlihat jelas pada seseorang yang kehilangan elastistisitas kulit dan lemak di bagian tengah wajah.

Dr Akhavan mengatakan, Anda kebiasan tidur dengan posisi menyamping dan wajah mengarah ke bawah, terjadi tekanan pada kulit yang menyebabkan keriput.

Lalu, seorang dermatolog lainnya, Dr Alex Karidis, mengatakan, garis senyum atau nasal-labial fold bisa juga terjadi karena posisi tidur yang berdampak tidak baik untuk wajah.

“Garis senyum bisa terbentuk karena posisi tidur yang menyebabkan kulit cepat keriput. Kulit di bagian mata cenderung lebih tipis,” jelas Dr Karidis.

MARIECLAIRE.COM Posisi tidur agar tidak tercipta garis kerutan

Namun, jika Anda lebih nyaman tidur dengan posisi menyamping, maka ada strategi khusus yang bisa menjadi solusi.

“Aku juga selalu tidur menyamping. Aku pun lebih suka menggunakan bantal yang keras. Aku menjaga wajah agar tidak keriput dengan cara meletakkan setengah wajah, bagian hidung ke atas, pada wajah, sisa bagian wajah tidak menyentuh bantal,” jelas Rene Rouleau, seorang pakar estetika langganan selebriti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com