Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Anda Ada Pesan Tersembunyi dalam Film “Beauty and the Beast”

Kompas.com - 24/03/2017, 20:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber TIME

KOMPAS.com – Setiap kisah dongeng selalu menyimpan sebuah pesan moral yang positif untuk memotivasi banyak orang untuk semangat menjalani kehidupan.

Salah satu film yang diangkat dari kisah dongeng, Beauty and the Beast, yang masih beredar di sebagian besar bioskop dunia, tak terkecuali Indonesia, juga mengandung pesan dan inspirasi untuk wanita.

“Belle adalah putri Disney yang mandiri. Dia bukanlah sosok yang pasif, dia mengendalikan hidupnya hari ini dan masa depan,” ujar Emma Watson, pemeran Putri Belle, kepada Vanity Fair.

Menurut Paul Young, seorang profesor dari Georgetown, spesialisasi literatur Perancis abad ke-17 dan 18, Beauty and the Beast menggambarkan kondisi wanita pada abad ke-18, tidak memiliki banyak pilihan dan menjalani hidup dengan aturan baku.

“Kisah tersebut ditulis dan dipublikasikan oleh seorang wanita, dengan karakter wanita (Belle) yang mandiri, semangat belajar, dan berani membuat pilihan untuk diri sendiri,” jelas Young.

Karakter tersebut sama sekali berbeda dengan kondisi wanita pada umumnya di abad ke-18.

Selain itu, pada kisah ini, Belle digambarkan sering beradu pendapat dengan Beast mengenai banyak hal. Kondisi ini tentunya langka terjadi antara pria dan wanita pada abad terdahulu.

“Banyak pesan feminis dalam kisah Belle. Feminis  merupakan kebebasan. Berjuang untuk mendapatkan keseteraan pria dan wanita,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TIME
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com