Kompas.com - 25/03/2017, 19:06 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Kate Middleton benar-benar tahu sulitnya menjadi seorang ibu.

Ketika berbicara di sebuah acara kesehatan di London, Inggris, Duchess of Cambridge ini mengungkapkan tantangannya menjadi seorang ibu dan mengajak para ibu lainnya untuk lebih terbuka mengenai kesulitan mereka.

“Tidak ada buku berisi aturan, yang benar dan yang salah, Anda harus bisa mengerti sendiri dan melakukan yang terbaik untuk keluarga. Untuk semua ibu, termasuk diriku, hal ini kadang kala bisa membuat kami merasa tidak percaya diri dan diabaikan,” ujarnya.

Kate lalu bercerita bahwa menjadi seorang ibu bisa menjadi pengalaman yang sangat sulit untuk beberapa wanita. Dua di antara 10 ibu bahkan mengalami gangguan mental selama kehamilan dan setahun setelah melahirkan.

Sayangnya, berbicara mengenai kesulitan mengasuh anak masih menjadi hal yang tabu bagi ibu, walaupun depresi setelah melahirkan (postpartum depression) adalah sesuatu yang nyata.

Oleh karena itu, Kate pun mengajak semua ibu untuk lebih terbuka mengenai penderitaan mereka.

Dia mengatakan, Anda boleh saja berbicara bahwa menjadi ibu adalah sesuatu yang luar biasa, tetapi kita juga harus bicara mengenai stres dan kesulitannya.

“Tidak apa-apa bila Anda ternyata mengalami kesulitan dalam menjadi seorang ibu. Sebab, meminta bantuan seharusnya tidak dilihat sebagai kelemahan,” katanya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Glamour
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.