Kram Otot, Salah Satu Tanda Kekurangan Kalium dalam Tubuh - Kompas.com

Kram Otot, Salah Satu Tanda Kekurangan Kalium dalam Tubuh

Kompas.com - 26/10/2016, 15:00 WIB
Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com – Sama halnya seperti kalsium dan magnesium, kalium adalah elektrolit yang membantu menjalankan fungsi tubuh. Salah satunya, kalium dapat menurunkan tekanan darah dan membantu menjalankan fungsi sistem pencernaan dan otot. Oleh sebab itu, kekurangan kalium dalam tubuh tak boleh di anggap remeh. Nah, inilah tanda-tanda kekurangan kalium

1. Otot terasa lemah

Jika tingkat kalium dalam tubuh amat rendah, kita akan langsung merasakan adanya keanehan pada otot-otot. Apa alasannya? Sebab kalium merupakan elektrolit yang dibutuhkan untuk membangun otot. Nah, kekurangannya barang pasti akan menimbulkan efek samping pada otot.

“Kalium adalah elektrolit yang dibutuhkan oleh otot-otot Anda,” ujar Manuel Villacorta MS, ahli diet dan pendiri Whole Body Reboot di California, AS. Menurutnya, orang-orang akan merasakan kontraksi pada otot sebagai gelaja awal kekurangan kalium.

2. Kram otot

Kekurangan kalium tak hanya membuat otot menjadi lemas saja. Selidik punya selidik, ia juga bisa menimbulkan masalah lainnya pada otot kita, loh. Nah, karena otot memerlukan tingkat kalium yang cukup,  jangan heran bila kita merasakan kram atau kejang pada bagian otot.

 “Orang-orang akan mengalami kejang otot ketika mereka memiliki tingkat kalium yang terlalu rendah,” jelas Villacorta.

3. Denyut jantung tak normal

Tingkat kalium yang rendah juga dapat mengacaukan denyut jantung kita. Bahkan, ia bisa menyebabkan aritmia jantung (gejala dari gangguan detak jantung) bila tingkat kalium benar-benar rendah. Menurut Monica Auslander, MS, RD, LD/N, pendiri Essence Nutrition di Florid, AS, ketidakseimbangan elektrolit berupa kalium bisa berakibat fatal. Itulah mengapa peran kalium begitu penting bagi tubuh.

4. Sering mengalami dehidrasi

Auslander juga menjelaskan kalau ketidakseimbangan kalium juga dapat memicu dehidrasi dan gangguan makan. Namun, jangan khawatir, sebab tanda-tanda kekurangan kalium yang satu ini masih bisa “disiasati”.

“Air kelapa adalah metode hidrasi yang sangat baik, tapi air telah terbukti lebih baik,” jelas Auslander

5. Kulit kering atau berjerawat

Nah, jerawat tak hanya disebabkan oleh gangguan hormon, stres, atau konsumsi makanan tertentu saja. Ternyata kekurangan kalium juga bisa menjadi biang keladinya.

Menurut Megan Lyons, health coach dan pemilik The Lyons’ Share Wellness di Texas, US, gejala kekurangan kalium bisa ditandai dengan kulit kering, jerawat, atau ketidaknyamanan pada sistem pencernaan. (Intisari-online/Ilham Pradipta)

EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM