Mandi Malam Hari Bikin Tidur Lebih Nyenyak - Kompas.com

Mandi Malam Hari Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Kontributor Health, Dhorothea
Kompas.com - 22/02/2017, 19:00 WIB
THINKSTOCK.COM Ilustrasi

KOMPAS.com - Mandi air panas di pagi hari bermanfaat membangunkan dan mendongkrak kreativitas. Namun bila ingin tidur nyenyak, mandilah sebelum tidur. Ada bukti penelitian manfaat mandi di malam sebelum tidur.

Trik utamanya adalah jangan terlalu larut. "Anda pasti tidak ingin kepanasan sebelum tidur," kata Dr Dianne Augelli dari Center for Sleep Medicine di New York-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center. Itu karena suhu tubuh berperan penting dalam mengatur ritme sirkadian yang memberi tahu tubuh kapan harus mengantuk atau terjaga.

Di siang hari, suhu tubuh secara alami naik sampai siang hari berakhir. "Pendinginan adalah sinyal yang memberi tahu kita akan pergi tidur," katanya. Mengganggu proses ini dapat membuat kita malah sulit tidur.

"Mandi di malam hari beberapa jam sebelum tidur memberi kesempatan tubuh mendinginkan diri dan memicu tidur," kata Shelby Harris, direktur behavioral sleep medicine di Montefiore Medical Center New York.

Beberapa studi membuktikan, menghangatkan tubuh dengan mandi dapat menginduksi tidur ketika masih ada waktu untuk mendinginkan diri setelahnya. 

Mandilah sekitar satu setengah jam sebelum pergi tidur. Begitu rekomendasi Harris. Dengan begitu, di kala Anda berbaring di tempat tidur, tubuh akan sejuk, kering dan siap tidur. Bonusnya, kita bisa sekalian gosok gigi dan mencuci muka sebelum tidur.

Menurut National Sleep Foundation, membersihkan diri sebelum tidur dapat membantu membersihkan kulit dan mengurangi jerawat, melindungi kulit dari keriput serta membuat krim malam dan pelembab bekerja lebih efektif.

PenulisKontributor Health, Dhorothea
EditorLusia Kus Anna
Sumbertime.com,
Komentar
Close Ads X