Mana yang Paling Tepat, Makan Buah atau Nasi Lebih Dulu? - Kompas.com

Mana yang Paling Tepat, Makan Buah atau Nasi Lebih Dulu?

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 24/08/2017, 06:26 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

BOGOR, KOMPAS.com -  Ada berbagai pendapat berbeda terkait dengan 'ritual' makan buah. Ada yang berpendapat buah sebaiknya disantap sebelum nasi atau sebaliknya, makan buah menjadi "pencuci mulut" setelah makan besar.

Menurut Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ali Khomsan, kapan waktu terbaik untuk makan buah ternyata tergantung pada berat badan.

"Buah atau sayur penting didahulukan kalau kita sedang alami obesitas atau overweight, agar kita tidak rakus makan karbohidrat dan lemak," kata Prof. Ali kepada Kompas Lifestyle dalam acara Journalist Goes To Campus di Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB, Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/8/2017).

Sementara itu, bagi orang dengan berat normal dan tidak memiliki masalah bobot tubuh, maka tak ada aturan harus makan buah atau nasi lebih dahulu.

Prof.Ali mengingatkan bahwa tubuh bisa mencerna sesuai dengan apa pun makanan yang masuk ke tubuh. Bila yang masuk karbohidrat lebih dahulu, maka akan dicerna lebih dulu oleh mulut. Sementara kalau yang masuk protein, maka tak akan dicerna di mulut, tapi di dalam tubuh.

"Jadi enzim tubuh kita keluar untuk mencerna sesuai dengan makanan yang masuk," kata dia.

PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM