Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2017, 18:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Melihat seorang teman mengkhianati kekasihnya, sebagai sesama pria mungkin Anda akan terjebak dalam dilema: menjaga pertemanan ‘sakral’ antar pria dan membiarkan hal itu menjadi keputusan pribadi, atau ‘menasehati’ agar ia menyudahi perselingkuhan, atau bahkan “mengadukan” hal itu pada kekasihnya--yang merupakan teman Anda juga?

Bingung harus berbuat apa, berikut saran dari beberapa pakar hubungan yang bisa Anda pertimbangkan sesuai pilihan:

Michael Aaron, Ph.D., psikoterapis dan konselor seks:

“Kenyataannya, teman Anda melakukan hal yang sangat menyakitkan. Jika kita menyembunyikan hal tersebut, tanpa melakukan apapun, sama saja dengan membantu teman untuk menyakiti kekasihnya. Jadi jelas, menjadi orang yang hanya diam dan membiarkan teman terus berselingkuh rasanya salah. Baiknya dengarkan kata hati, bila Anda merasa perilaku teman yang berselingkuh itu salah, Anda bisa mulai “menegur” dengan gaya khas pertemanan pria. Bila teman Anda tampak “ngeyel” dan melakukan hal-hal di luar nilai moral yang Anda miliki, Anda bisa mulai menghindari keterlibatan apapun dengannya, atau mungkin memberi tahu kekasihnya!”

Moushumi Ghose, psikoterapis dan terapis seks:

“Biarkan teman Anda tahu bahwa kondisi ini membuat Anda canggung karena kecurangannya. Katakan padanya untuk segera menyudahi perselingkuhan tersebut dan mendorongnya untuk kembali membicarakan kelanjutan hubungan dengan kekasihnya. Dan bila ia tetap pada perselingkuhan, katakan dengan jelas bahwa Anda memang tak akan memberitahukan perselingkuhan itu pada kekasihnya, namun Anda tak akan bertanggung jawab jika ternyata ada orang lain yang melakukannya.”

Tammy Nelson, Ph.D., psikoterapis dan terapis seks:

“Katakan pada teman yang berselingkuh bahwa Anda tidak akan menyebarkan info apapun, termasuk menyembunyikan apapun. Jadi, bila suatu saat kekasihnya bertanya tentang perselingkuhan itu kepada Anda, maka Anda akan menjawab apa adanya. Dengan kata lain, Anda tak akan mencampuri urusan percintaan siapapun, namun Anda juga tak akan berbohong tentang perselingkuhan yang telah Anda lihat. Sehingga, Anda tak akan mengorbankan integritas dengan berbohong kepada siapapun.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com