Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaun Hitam yang Diperebutkan untuk Menghadiri Golden Globe

Kompas.com - 07/01/2018, 17:08 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Ajang penghargaan Golden Globe yang ke-75 pada 7 Januari 2018 di Beverly Hills, California, waktu setempat, akan menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Para aktris dan aktor, serta tamu undangan lain sepakat untuk memakai busana berwarna hitam saat menghadiri ajang ini.

Gaun hitam itu merupakan simbol perlawanan terhadap kasus pelecehan dan kekerasan seksual di industri hiburan yang serba glamor ini.

Kekompakan para tamu di ajang Golden Globe itu menunjukkan besarnya dukungan terhadap korban pelecehan seksual. Ajang pemberian penghargaan bagi aktor dan aktrif film ini menjadi aksi protes paling kentara sejak kasus pelecehan seksual oleh Harvey Weinstein dan nama besar di industri film lainnya terungkap.

Namun, para penata busana pun harus memutar otak untuk memenuhi permintaan gaun hitam. Apalagi menemukan gaun hitam yang layak dikenakan di karpet merah dalam waktu singkat bukan perkara mudah.

“Kami semua berjuang untuk gaun hitam yang sama,” kata penata busana Mariah Carey kepada Hollywood Reporter.

Andre Walker, penata rambut Oprah Winfrey selama lebih dari 30 tahun, mengatakan terjadi kepanikan karena perubahan mendadak untuk gaun yang akan dipakai.

“Ini sangat penuh tekananan. Anda merencanakan untuk tampilan tertentu, dan tangan Anda tengah mengerjakannya, namun tiba-tiba Anda harus berhenti dan menjadi kreatif. Ini sangat penuh tekanan.”

Dia menambahkan, bila seseorang menggunakan gaun hitam yang modelnya cukup sederhana, penampilan bisa ditingkatkan dengan penataan rambut. Untuk Winfrey sendiri, dia mengatakan bahwa bahwa presenter TV itu membuat keputusan berdasarkan banyak hal. 

“Apapun yang dia lakukan berdasarkan dengan integritas. Jika dia sangat percaya pada sesuatu, maka dia akan ungkapkan,” katanya.

Puluhan aktris kenamaan berjanji untuk mengenakan gaun hitam setelah skandal Harvey Weinstein terkuak. Namun, Walker mengingatkan para pendukung gerakan “MeToo” untuk tidak menghakimi mereka yang memilih untuk tidak mengikutinya.

Beberapa aktris yang dikabarkan tak mengenakan gaun hitam, yakni Sarah Jessica Parker dan Alicia Vikander.

"Mereka punya alasan sendiri. Mungkin akan ada reaksi balik. Saya pikir jika Anda tampil dalam sesuatu yang sangat cerah, mereka akan mendapat banyak perhatian. Saya rasa tidak perlu dihakimi,” katanya.

Oprah Winfrey akan menerima penghargaan Cecil B. DeMille lifetime achievment, dan akan memberikan pidato utama terkait kasus pelecehan seksual di industri ini.

Dia juga membantu mendorong sebuah inisiatif bernama Time's Up, yang telah mengumpulkan dana sebesar 14 juta dolar AS atas nama korban pelecehan seksual untuk melewan Weinstein yang membantah tudingan pemerkosaan dan penyerangan seksual.

Sebanyak 300 wanita di industri film —termasuk di dalamnya aktris Reese Witherspoon, Emma Stone, dan Gal Gadot—mengumumkan akan mengenakan pakaian serba hitam dalam iklan surat kabar satu halaman penuh.

Halaman:
Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com