Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Lovot, Robot yang Didesain untuk Orang Kesepian

Kompas.com - 21/12/2018, 08:37 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kasih sayang atau perasaan dicintai termasuk dalam kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Sayangnya, kebutuhan tersebut sering sulit didapatkan orang modern yang semakin tersekat dan individualistis.

Kabar baiknya, perkembangan dunia robotik mendorong para ilmuwan membuat robot yang diprogram mampu memberikan efek perasaan dicintai.

Dilansir dari New York Post, perusahaan asal Jepang, Groove X meluncurkan robot The Lovot. Robot ini menyerupai mainan anak-anak yang suka disayang dan diberi perhatian.

Hadir dalam berbagai warna, The Lovot dijual seharga sekitar 3.100 dollar AS.

The Lovot bukan dibuat untuk membantu tugas-tugas praktis seperti pekerjaan rumah tangga,. 

“Namun The Lovot dapat menarik keluar kemampuan kamu untuk mencintai," kata pendiri dan CEO Groove X, Kaname Hayashi.

Di dalam situs, Groove X menulis, saat seseorang menyentuh Lovot, memeluknya, bahkan hanya menonton tingkah polahnya, maka akan merasa santai (dan) merasa lebih baik. Hal ini sedikit seperti merasakan cinta terhadap orang lain.

“Lovot akan bereaksi terhadap suasana hati seseorang dan melakukan semua yang hal yang ia bisa untuk mengisi dengan sukacita dan memberikan energi kembali kepada kamu. The Lovot mungkin bukan makhluk hidup, namun akan menghangatkan hatimu," tulisnya.

The LovotGetty Images The Lovot

The Lovot, sebuah campuran dari “cinta” dan “robot,” menggunakan kecerdasan buatan untuk meniru respons emosional yang mirip manusia: Ia tidur ketika berpelukan dan mengikuti pemiliknya ketika dipanggil.

Dengan fitur kamera termal, The Lovot memungkinkan untuk memindai ruangan dan menemukan pemiliknya.

Pengguna dapat mengakses kamera Lovot melalui aplikasi ponsel cerdas, dan dapat digunakan untuk tujuan praktis lainnya seperti mengawasi bayi.

Bagi mereka yang menginginkan pengalaman yang lebih pribadi, robot seberat 2,72 kg itu dapat mengubah pakaian, dengan berbagai pakaian dan aksesori yang tersedia untuk dibeli.

Jika tertarik, pre-order akan dimulai pada tahun 2019. 

Hmm, apakah kamu termasuk orang yang kesepian dan merasakan cinta dari robot?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com