Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan, 15 Menit Saja Cukup

Kompas.com - 10/01/2019, 17:17 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com — Saat merasa kenyang setelah makan, kita biasanya lebih suka diam di tempat duduk dibandingkan bergerak atau melangkah. Namun, apakah kamu tahu bahwa jalan kaki setelah makan memiliki manfaat untuk kesehatan?

Penelitian menemukan bahwa jalan kaki setelah makan mampu menurunkan kadar gula darah sebesar 12-22 persen. Menurut Andrew Reynolds peneliti dari Universitas Otago, Selandia Baru, dengan menerapkan kebiasaan tersebut secara rutin, diabetes akan bisa dicegah.

Jim Mann, profesor Universitas Otago, juga mengungkapkan bahwa glukosa pasca-makan sudah sejak lama dipercaya sanggup mengelola diabetes tipe 2. Karena itu, penting bagi siapa pun untuk membiasakan diri bergerak setelah makan agar penyakit tersebut bisa dicegah dan diatasi.

Baca juga: Perubahan yang Dirasakan Jika Rutin Jalan Kaki 30 Menit Sehari

Berikut manfaat jalan kaki 15 menit setelah makan yang akan berpengaruh untuk kesehatan.

1. Pencernaan membaik

Berjalan-jalan selama 15 menit setelah makan dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit.

2. Tidur nyenyak

Apakah kamu sulit tidur nyenyak? Hal ini biasanya dialami para orang tua. Jika sulit untuk tidur nyenyak, cobalah setelah makan, berjalan-jalan selama 15 menit untuk mendorong kualitas tidur yang baik di malam hari.

3. Bakar kalori

Berjalan kaki 15 menit setelah makan dapat membantu membakar kalori sehingga makanan tidak sepenuhnya menumpuk jadi lemak.

4. Metabolisme lancar

Kebiasaan jalan kaki setelah makan dapat meningkatkan metabolisme. Jika kamu ingin menerapkan gaya hidup sehat, salah satu cara mudah untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan berjalan kaki setelah makan.

5. Kadar gula darah stabil

Jika kamu menderita diabetes atau cenderung memiliki kadar gula darah tinggi, sebaiknya menjaga kadar gula darah. Jalan kaki setelah makan dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

6. Sirkulasi darah lancar

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com