Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2020, 17:08 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Mengadopsi anjing mungkin bisa menjadi jawaban untuk kamu yang membutuhkan teman yang setia. Selain itu, anjing juga bisa menjadi penjaga rumah yang baik. Apa pun alasan kamu mengadopsi, pastikan kamu mampu merawat dan menyayanginya.

Mengadopsi anjing dari tempat penampungan hewan (shelter) atau dari teman tidak bisa sembarangan. Hal yang utama adalah menyiapkan dana, termasuk untuk makanan, vaksin, hingga biaya ke dokter jika sakit, untuk memastikan sahabat berkaki empat ini dapat hidup dengan sehat.

Untuk kamu para pemula, perhatikan enam hal berikut sebelum mengadopsi anjing:

1. Lakukan persiapan

Sebelum mengadopsi anjing, pastikan ada tempat untuknya tidur, bermain dan buang air.

Beli alas tidur yang bisa membuat mereka merasa nyaman, kotak pasir untuk mereka buang air besar dan kecil, tempat makanan dan minuman, hingga kebutuhan lain yang bisa mempermudah "si doggy" beradaptasi.

Baca juga: Anjing Peliharaan Menggonggong Terus? 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

2. Kenali tipe anjing

Kenali jenis anjing yang akan kamu adopsi untuk mengetahui bagaimana cara merawat mereka dengan baik. Kamu juga bisa bergabung di komunitas pemilik anjing tertentu untuk menambah wawasan, sekaligus menjadi wadah untuk bertanya.

Mengadopsi anjing dari shelter lebih disarankan karena itu berarti kita menyelamatkannya, sekaligus memberi ruang bagi anjing lain untuk tinggal. Kekurangannya adalah anjing dari shelter biasanya bukan anak anjing, sehingga butuh usaha sedikit untuk membangun ikatan dan melatihnya.

Baca juga: 8 Tanda Kucing dan Anjing Peliharaan Sedang Stres

3. Mengenal alergi dan jenis makanan yang baik

Agar anjing tetap sehat, beri makan mereka dengan teratur pada jam-jam yang disesuaikan. Kamu bisa membeli makanan anjing atau membuatnya sendiri di rumah.

Di sela-sela waktu makan, kamu juga bisa memberikan mereka camilan khusus anjing dan memastikan ia cukup minum.

Jangan beri makanan manis, terutama cokelat untuk anjing. Pasalnya, makanan manis justru akan menjadi racun untuk anjing. Perhatikan tanda-tanda anjing menderita alergi terhadap makanan tertentu.

Anjing-anjing terdampak banjir yang melanda Jabodetabek ditampung di House of Blessing Parung, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/1/2020). Sebanyak 160 anjing yang berhasil dievakusi dari bencana banjir diberikan perawatan khusus oleh kelompok Animal Lover Bersatu.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Anjing-anjing terdampak banjir yang melanda Jabodetabek ditampung di House of Blessing Parung, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/1/2020). Sebanyak 160 anjing yang berhasil dievakusi dari bencana banjir diberikan perawatan khusus oleh kelompok Animal Lover Bersatu.

4. Periksakan kesehatan anjing, lakukan perawatan dan beri vaksin

Agar mereka tetap sehat, bawa ke dokter hewan 6 bulan sekali. Beri mereka vaksin khusus anjing, konsultasikan dengan dokter, vaksin apa saja yang diperlukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com