Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengadopsi Anjing

KOMPAS.com— Mengadopsi anjing mungkin bisa menjadi jawaban untuk kamu yang membutuhkan teman yang setia. Selain itu, anjing juga bisa menjadi penjaga rumah yang baik. Apa pun alasan kamu mengadopsi, pastikan kamu mampu merawat dan menyayanginya.

Mengadopsi anjing dari tempat penampungan hewan (shelter) atau dari teman tidak bisa sembarangan. Hal yang utama adalah menyiapkan dana, termasuk untuk makanan, vaksin, hingga biaya ke dokter jika sakit, untuk memastikan sahabat berkaki empat ini dapat hidup dengan sehat.

Untuk kamu para pemula, perhatikan enam hal berikut sebelum mengadopsi anjing:

1. Lakukan persiapan

Sebelum mengadopsi anjing, pastikan ada tempat untuknya tidur, bermain dan buang air.

Beli alas tidur yang bisa membuat mereka merasa nyaman, kotak pasir untuk mereka buang air besar dan kecil, tempat makanan dan minuman, hingga kebutuhan lain yang bisa mempermudah "si doggy" beradaptasi.

2. Kenali tipe anjing

Kenali jenis anjing yang akan kamu adopsi untuk mengetahui bagaimana cara merawat mereka dengan baik. Kamu juga bisa bergabung di komunitas pemilik anjing tertentu untuk menambah wawasan, sekaligus menjadi wadah untuk bertanya.

Mengadopsi anjing dari shelter lebih disarankan karena itu berarti kita menyelamatkannya, sekaligus memberi ruang bagi anjing lain untuk tinggal. Kekurangannya adalah anjing dari shelter biasanya bukan anak anjing, sehingga butuh usaha sedikit untuk membangun ikatan dan melatihnya.

3. Mengenal alergi dan jenis makanan yang baik

Agar anjing tetap sehat, beri makan mereka dengan teratur pada jam-jam yang disesuaikan. Kamu bisa membeli makanan anjing atau membuatnya sendiri di rumah.

Di sela-sela waktu makan, kamu juga bisa memberikan mereka camilan khusus anjing dan memastikan ia cukup minum.

Jangan beri makanan manis, terutama cokelat untuk anjing. Pasalnya, makanan manis justru akan menjadi racun untuk anjing. Perhatikan tanda-tanda anjing menderita alergi terhadap makanan tertentu.

4. Periksakan kesehatan anjing, lakukan perawatan dan beri vaksin

Agar mereka tetap sehat, bawa ke dokter hewan 6 bulan sekali. Beri mereka vaksin khusus anjing, konsultasikan dengan dokter, vaksin apa saja yang diperlukan.

Kamu juga bisa sesekali membawa anjing ke salon khusus untuk dipotong dibersihkan secara menyeluruh.

5. Ajari trik dan latihan

Ajarkan anjing trik singkat seperti duduk, berguling, datang saat dipanggil dan diam. Ajari juga ia untuk memahami perintah-perintah yang mudah. Jika kamu ingin anjingmu lebih pintar lagi, bawa mereka ke pelatih khusus anjing yang bersertifikat.

6. Ajak bermain dan jalan-jalan dengan rutin

Anjing bukan sekadar penjaga rumah. Mereka butuh interaksi dengan kita. Ajak mereka bermain dan berjalan-jalan secara rutin. Hal ini dilakukan agar anjing tak mengalami stres.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/12/170812920/6-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-mengadopsi-anjing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke