Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cincin Tunangan Kate Middleton, Warisan Putri Diana yang Bisa Saja Jadi Milik Meghan Markle

Kompas.com - 19/11/2022, 09:00 WIB
Anya Dellanita,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

Sumber Marca

KOMPAS.com - Pada 16 November 2010 silam, dunia digemparkan oleh berita tentang Pangeran William yang melamar kekasihnya, Kate Middleton.

Sejak saat itu, nampaknya tak ada satu orang pun yang berhenti membicarakan keindahan cincin tunangan yang diberikan putra mahkota ini kepada kekasihnya.

Cincin tunangan cantik dengan batu safir dan berlian yang cukup besar itu juga dikenakan pada saat pemotretan dan interview pertunangan perdana pasangan ini.

Saat itu, Kate Middleton terlihat memadukan cincin yang sebelumnya digunakan oleh ibu mertuanya, Putri Diana, dengan wrap dress berwarna biru rancangan Issa.

Baca juga: 5 Model Cincin Tunangan Unik Milik Selebritas Dunia

"Itu adalah cincin tunangan ibuku. Menurutku ini sangat manis karena tentu saja ia (Putri Diana) tidak bisa ikut dalam momen menyenangkan ini. Aku yakin semua orang tahu kalau ini adalah cincin miliknya,” ujar Pangeran William dalam acara interview pertunangannya, sebagaimana dikutip dari Marca.

Sementara itu, Kate Middleton, yang belakangan digelari Duchess of Cambridge, mengatakan bahwa ia berharap bisa merawat cincin tersebut.

Namun tak banyak yang tahu sebelumnya jika pewaris cincin tersebut sebenarnya adalah Pangeran Harry

Jadi bisa saja sebenarnya perhiasan itu jatuh kepada Meghan Markle, bukan Kate Middleton.

Namun menurut pemilik toko perhiasan Seven Stone di Inggris, Maxwell Stone, cincin tersebut sengaja diberikan anak bungsu Putri Diana itu agar kakaknya itu bisa melamar kekasihnya dengan perhiasan terbaik.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Kenali Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin

Cerita di balik cincin tunangan Putri Diana

Setelah berpacaran selama enam bulan, Lady Diana Spencer dan Pangeran Charles akhirnya mengumumkan pertunangannya ke muka publik pada 24 Februari 1981.

Tanggal yang juga menjadi hari lahir perhiasan legendaris yang kini menginspirasi banyak model cincin tunangan lainnya.

Diana muda kala itu dengan amat bangga memamerkan batu permata besar di jarinya kepada dunia, sembari berkata, "Ya, ini memang merupakan berlian dan safir yang sangat indah.”

Maxwell Stone mngenang momen ketika cincin tersebut mendapat banyak komentar buruk.

Baca juga: Deretan Aktris yang Perankan Putri Diana di Film, Siapa Paling Mirip?

Cincin tunangan 12 karat yang dikelilingi dengan 14 berlian itu bahkan sempat disebut sebagai “cincin rakyat jelata” karena desainnya dinilai tidak unik meskipun dibuat oleh mantan ahli perhiasan dari toko Crown, Garrard.

Cincin pertunangan Kate Middleton yang dulu dimiliki oleh Putri Dianapinterest Cincin pertunangan Kate Middleton yang dulu dimiliki oleh Putri Diana
Memang, Lady Diana memilih desainnya dari katalog perhiasan Garrard sehingga itu bukanlah cincin tunangan khusus seperti yang dikenakan oleh pengantin dari keluarga kerajaan lainnya.

Namun Pangeran Charles menyetujui pilihan calon istrinya itu karena desainnya mengingatkan pada bros Ratu Victoria yang kemudian diwariskan pada ibunya, Ratu Elizabeth.

Keputusan pasangan ini lah yang kemudian mengubah tren perhiasan di seluruh dunia dengan menjadikannya salah satu desain paling digemari sampai saat ini.

Baca juga: Putri Diana Ternyata Sudah Siapkan Rekaman untuk Masa Depan Anak-anaknya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Marca
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com