Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keterbatasan Waktu Memasak di Bulan Puasa, Apa Solusinya?

Kompas.com - 10/04/2023, 10:38 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com- Bulan Ramadhan sedikit banyak memang mengubah keseharian kita, terutama para Ibu, baik bagi ibu rumah tangga, maupun para ibu pekerja.

Setiap tiba bulan Ramadhan ada saja tantangan bagi ibu-ibu dalam memenuhi kebutuhan hidangan keluarga.

Contohnya Wiwi Meliana (32), seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di Jakarta. Selain mengurus rumah dan anaknya yang berusia 6 tahun, bulan Ramadhan membuat ia sibuk memikirkan menu hidangan sahur dan berbuka untuk keluarga.

“Memilih menu adalah tantangan tersendiri bagi kami Ibu Rumah Tangga. Bagaimana supaya anak dan suami tidak bosan makan di rumah. Karena saya ingin tradisi berbuka di rumah bersama tetap dipertahankan."

"Tapi menu apa saja yang saya siapkan setiap harinya? Nah, itu yang menjadi tantangan. Apalagi asisten rumah tangga akan pulang kampung menjelang Lebaran. Pastinya saya sendirian yang akan menyiapkan hidangan menarik tapi tetap bergizi,” ungkap Wiwi.

Yang dialami Wiwi berbeda dengan Amanda Fitriana (35), seorang Ibu Pekerja yang bekerja di bilangan Jakarta Selatan.

Waktu merupakan hal “mewah” untuk Ibu dari dua anak ini, karena ia tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan hidangan. Berangkat ke kantor pagi hari, sampai rumah paling cepat pukul 5.30 sore. Benar-benar membuatnya dikejar-kejar waktu.

“Biasanya aku minta bantuan asisten rumah tangga untuk persiapan seperti potong-potong bumbu dan bahan-bahan, pas sampe rumah aku langsung masak. Tapi begitu ART pulang kampung harus ganti strateginya. Pas malam, aku sudah motong-motong bahan, jadi sahur tinggal cemplung-cemplungin aja. Mungkin hidangan sahur sebagian juga jadi hidangan buka puasa,” beber Amanda.

Persoalan ‘waktu’ bisa jadi merupakan isu yang membuat banyak Ibu berkeringat dingin di bulan puasa.

Bagaimana tidak? Setelah disibukkan dengan hal-hal seperti pekerjaan atau masalah rumah tangga lainnya, para Ibu harus kian matang melakukan manajemen waktu agar tidak gagal menyediakan hidangan sahur dan berbuka untuk keluarga tercinta.

Tentu solusi untuk masalah di atas juga beragam. Para ibu misalnya bisa mempersiapkan bahan-bahan masakan sebelumnya, misalnya di akhir pekan.

Bila tidak sempat memasak, para ibu juga bisa memesan atau membeli makanan di berbagai tempat yang buka 24 jam selama ramadhan.

Namun bila tetap ingin memasak sendiri, kabar baiknya, ada peralatan rumah tangga yang bisa membantu para ibu mempersiapkan makanan dengan praktis dan cepat.

Salah satunya adalah Multicooker Instant Pot Duo 9-in-1 dari SESA. Alat masak yang satu ini tidak hanya dapat mengatasi persoalan keterbatasan waktu menyajikan hidangan, namun juga sejumlah masalah lain yang mungkin terbersit saat memikirkan persoalan makanan di bulan puasa.

Faster, healthier & tastier

Instant Pot Duo 9-in-1 dilengkapi teknologi sekali tekan atau Quick One Touch Cooking yang membuat penyajian masakan menjadi 2 atau bahkan 6 kali lebih cepat dibandingkan proses memasak pada umumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com