Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2023, 17:47 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sunscreen tidak hanya digunakan saat berlibur ke pantai atau ke gunung. Menurut Yayasan Kanker Kulit, siapa pun yang berusia di atas enam bulan harus menggunakan pelindung matahari setiap hari. Hal ini karena terpapar lebih banyak sinar matahari bisa berdampak buruk.

Lalu kapan sebaiknya kita menggunakan sunscreen? Selama kulit kita terpapar sinar matahari, termasuk yang masuk melalui jendela atau kaca kita perlu memakai sunscreen, karena hal ini dapat memengaruhi kulit.

Bahkan, lampu di kantor yang menghasilkan sinar ultraviolet bisa memberi dampak. Inilah mengapa kita harus memakai sunscreen setiap hari meskipun sedang berada di dalam ruangan.

Tak hanya itu, di hari yang mendung sekalipun, sekitar 80 persen dari sinar matahari masih masuk melalui awan dan langsung mengenai kulit. Untuk itu, meski di luar terlihat mendung kita perlu memiliki perlindungan matahari setiap hari.

Baca juga: Mengapa Kita Harus Menggunakan Sunscreen?

Manfaat menggunakan sunscreen

Membantu menjaga lapisan pelindung kulit

Memakai sunscreen setiap hari dapat membantu membangun lapisan kulit. Pasalnya, saat sedang berjalan-jalan di luar ruangan, sinar matahari masih bisa mengenai kulit kita.

Menggunakan sunscreen setiap hari adalah cara termudah untuk menghindari sinar UV yang berbahaya dan mencegah sengatan sinar matahari yang bisa mengiritasi kulit.

Mengurangi risiko kanker kulit

Dengan memakai sunscreen dengan SPF yang tinggi, kita dapat secara signifikan mengurangi paparan sinar yang dapat menyebabkan kanker kulit.

UVB yang ada pada sinar matahari merupakan penyebab utama kulit terbakar dan perkembangan kanker kulit seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma.

Membantu menghentikan penuaan dini

Cara terbaik untuk menghindari penuaan dini pada kulit adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Penggunaan tabir surya setiap hari dapat mencegah tanda-tanda penuaan, termasuk keriput, bintik-bintik coklat, pigmentasi yang tidak teratur.

Dokter kulit, Melissa Piliang merekomendasikan penggunaan sunscreen dengan SPF minimal 15. Meski begitu, tidak ada salahnya memiliki tabir surya dengan SPF 30 untuk hari-hari yang sangat terik.

Baca juga: SPF Lebih Tinggi Tak Selalu Lebih Baik, Ini Cara Pilih Angka yang Tepat

Melissa juga merekomendasikan untuk memilih pelembab harian yang sudah mengandung SPF. hal ini dapat memadukan perlindungan terhadap sinar matahari dan rutinitas perawatan kulit.

Meski begitu, SPF yang terkandung dalam produk kecantikan terkadang masih belum cukup untuk melindungi diri. Untuk itu, penting untuk tetap menggunakan sunscreen di wajah hingga tubuh yang terpapar sinar matahari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com