Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2024, 17:59 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber allure

KOMPAS.com - Setiap zodiak adalah bagian yang kuat dan penting, serta terbagi menjadi empat elemen, yakni udara, api, air, dan tanah.

Secara umum, mereka yang memiliki zodiak api cenderung bergairah dan memiliki kepribadian yang bersemangat, zodiak bumi praktis dan membumi, zodiak udara intelektual dan penuh rasa ingin tahu, serta zodiak air intuitif dan emosional.

Seluruhnya menciptakan kesatuan yang komprehensif dan memunculkan ciri-ciri kepribadian yang unik.

Baca juga: 4 Perbedaan Karakter Capricorn Desember dan Januari

Penting untuk dicatat bahwa astrologi sangatlah kompleks. Namun, prinsip paling mendasarnya berpusat pada 12 tanda zodiak yang sudah banyak kita kenal, seperti dikutip dari Allure.

Namun, mengenal karakteristik zodiak adalah bagian dari langkah awal mencoba mengenal diri kita yang paling dalam.

Sebelumnya, penting untuk mengetahui urutan zodiak berdasarkan tanggal lahir.

Urutan zodiak berdasarkan tanggal lahir

  • Aries (21 Maret-19 April): 

    Secara alami, Aries adalah elemen api yang tidak asing dengan kompetisi. Sosok yang relatif tegas dan ambisius ini seringkali maju lebih dulu pada situasi-situasi paling menantang sekalipun.

  • Taurus (20 April–20 Mei)

    Zodiak tanah yang direpresentasikan dengan banteng itu menyukai lingkungan yang tenang dan dikelilingi oleh suara-suara lembut nan menenangkan. 

  • Gemini (21 Mei–20 Juni) 

    Gemini adalah pribadi yang spontan, ceria, dan cenderung tidak menentu. Mereka didorong oleh rasa ingin tahu yang tidak pernah terpuaskan.

Baca juga: Jomlo Merapat, 5 Zodiak Ini Diramalkan Bertemu Jodoh Tahun 2024

  • Cancer (21 Juni–22 Juli) 

    Seperti lambangnya, yakni kepiting, Cancer dengan mulus mengarungi laut dan pantai. Ini mewakili kemampuan mereka untuk eksis di dunia emosional dan material. Para Cancer sangat intuitif dan bersedia melakukan apapun untuk melindungi diri secara emosional, seperti krustasea yang memiliki cangkang.

  • Leo (23 Juli–22 Agustus) 

    Leo dilambangkan dengan seekor singa, yang merepresentasikan pribadinya yang penuh semangat, bergairah, dan terkenal dramatis.

  • Virgo (23 Agustus–22 September)

    Virgo adalah kepribadian yang logis, praktis, dan sistematis dalam menerapkan pendekatan di kehidupannya. Zodiak dengan elemen tanah ini merupakan sosok yang perfeksionis dan tidak takut untuk meningkatkan kemampuan melalui konsistensi dan sikap rajin.

  • Libra (23 September–22 Oktober)

    Keseimbangan, harmoni, dan keadilan sangat mendefinisikan energi seorang Libra. Merupakan salah satu elemen udara, Libra direpresentasikan dengan timbangan, satu-satunya benda mati di 12 zodiak. Hal ini mencerminkan keterikatan Libra dengan keseimbangan.

  • Scorpio (23 Oktober-21 November)

    Scorpio adalah pribadi yang relatif sulit dipahami dan misterius, sehingga paling sering disalahpahami. Zodiak dengan elemen air ini menggunakan emosional sebagai bahan bakar, serta mengembangkan kebijaksanaan yang kuat melalui alam fisik dan yang tak terlihat. Hal ini membuat Scorpio mendapatkan keberanian luar biasa dari kemampuan fisiknya, sehingga menjadi salah satu zodiak paling rumit dan dinamis.

  • Sagitarius (22 November–21 Desember)

    Sagitarius relatif tidak mengenal batas. Direpresentasikan oleh seseorang yang memanah, Sagitarius senang mencari pengetahuan baru, mengejar petualangan geografis, intelektual, dan spiritual.

  • Capricorn (22 Desember–19 Januari)

    Bagi Capricorn, sumber daya yang paling berharga adalah waktu. Ibaratnya, seorang Capricorn memilih mendaki gunung langsung ke puncaknya dan tahu betul bahwa kesabaran, ketekunan, dan dedikasi adalah satu-satunya cara untuk mencapai puncak. Zodiak yang direpresentasikan oleh kambing laut ini juga begitu terampil dalam menavigasi emosional.

Baca juga: 5 Zodiak Ini Diprediksi Kariernya Melejit pada 2024, Apa Saja?

  • Aquarius (20 Januari–18 Februari)

    Aquarius adalah elemen udara yang inovatif, progresif, dan revolusioner, tanpa malu-malu. Direpresentasikan oleh lambang seseorang yang membawa air, penyembuh mistik yang menganugerahkan air atau kehidupan ke tanah.

  • Pisces (19 Februari–20 Maret)

    Pisces adalah zodiak yang paling intuitif, sensitif, dan berempati di antara semua zodiak. Sebagai zodiak terakhir, Pisces menyerap segala pelajaran, mulai dari kegembiraan dan kesedihan, hingga harapan dan ketakutan yang dipelajari oleh semua tanda lainnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com