Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kiat Memainkan dan Memadukan Motif Batik

Selain memberikan efek elegan, batik juga menjadi ciri khas karya seni tanah air bagi orang yang memakainya. Agar Anda tampil lebih menarik dan elegan dengan kain batik, berikut ini adalah kiat-kiat memainkan dan memadukan motif batik.

Batik Bermotif Besar

Debbie S. Suryawan penulis buku "Kebayaku" menyarankan, jika Anda ingin menggunakan batik dengan motif besar-besar, pilihlah padanan atau pola busana yang simpel dan minim detail. Tempatkan motif secara simetris, agar motif batik tetap menonjol dan busana terkesan apik.

Jika ingin terlihat lebih modern dengan konsep "tabrak motif", batik bisa juga dikombinasikan dengan kain bercorak sederhana, misalnya garis. Namun perlu dicatat, apabila dikombinasikan dengan kain sebagaimana disebutkan di atas, maka kain kombinasi hanya hadir sebagai aksen sederhana.

Batik Bermotif Kecil

Tak sedikit juga batik yang menampilkan motif ukuran kecil-kecil. Kain batik bermotif kecil lebih bisa diterapkan pada desain yang lebih rumit dengan permainan pecah pola yang lebih berani.

Mainkan padu padan kain batik dan kain kombinasi berbeda motif untuk menghadirkan gaya busana yang lebih atraktif.

Jika ingin mengkombinasikan kain batik dengan material atau kain sejenis warna polos yang diambil dari warna dasar batik atau warna dominan dari motif batik, olah kain polos tersebut sebagai aksen simpel pada busana.

Jangan ragu juga untuk bereksperimen dengan warna. Untuk itu, bisa juga memadukan kain batik dengan kain polos yang warnanya diambil dari warna dominan kedua dari motif batik. Selamat mencobanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/21/211124520/kiat-memainkan-dan-memadukan-motif-batik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke