Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Menulis Surat Rahasia untuk Mantan, Anak, dan Pasangan

Di zaman serba digital seperti sekarang, menuliskan isi hati di atas kertas dalam bentuk surat memiliki makna yang lebih dalam dibanding mengetik di layar komputer.

Juliet Madison's, penulis buku The Secret Letters Project: A Journal For Reflection, Growth, and Transformation Through the Art of Letter Writing, menyebutkan paling tidak ada 20 surat rahasia yang bisa kita buat untuk orang-orang istimewa.

Menurut Juliet, kekuatan dari menulis surat adalah pada prosesnya. Dalam bukunya itu ia menjelaskan mengapa kita perlu membuat surat tersebut, apa yang harus dilakukan dengan suratnya, bagaimana menulisnya, dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan.

Ada orang yang menulis dengan tujuan untuk mengirimnya, ada juga yang menulis untuk disimpan sendiri, atau bahkan dibakar setelah ditulis.

"Surat yang kita buat untuk diri sendiri bisa menjadi cara yang kuat untuk menghadapi situasi hidup yang menantang atau merayakan kegembiraan dan antisipasi masa depan," kata Juliet.

Tak perlu takut memulai surat rahasia ini secara negatif, terutama jika surat itu ditujuan untuk seseorang yang tidak ingin kita ajak bicara. Selama tujuannya adalah untuk menata emosi, Anda memiliki kendali penuh pada apa yang ditulis. Yang harus diingat, ambilah hal positif dari apa yang Anda tulis.

Berikut adalah beberapa surat rahasia yang disarankan Juliet untuk kita buat:

1. #Dear Orang Asing
Anda bisa membuat aksi kebaikan kecil dengan menulis surat inspiratif untuk orang asing. Tinggalkan surat ini di tempat umum, seperti taman, toko buku, atau pun stasiun.

Mengapa? Anda tak akan pernah tahu bagaimana tulisan itu akan berpengaruh pada pembaca.

2. #Dear Yang Terkasih
Melupakan kesedihan karena orang tercinta meninggal dunia memang tidak mudah. Anda bisa mencurahkan rasa cinta Anda melalui surat. Kemudian surat itu bisa disimpan sendiri, dibagikan kepada teman atau keluarga, atau pun dibuang.

Mengapa? Menulis surat membantu Anda melepaskan hal-hal yang masih disimpan dan membuat Anda mengungkapkan apa yang selalu ingin Anda sampaikan pada orang terkasih.

3. #Dear Belahan Jiwa
Secara tidak sadar, hati dan jiwa kita terhubung dengan calon pasangan yang kita harap segera ditemukan. Anda bisa menyimpan surat ini dan kelak membaginya dengan orang tersebut.

Mengapa? Menuliskannya akan membantu Anda mengetahui apa yang paling diinginkan dari pasangan ideal.

4. #Dear Aku
Buatlah surat yang mampu mendorong diri Anda ke arah lebih baik. Surat ini bisa menjadi bentuk mencintai diri dan penerimaan. Simpanlah surat ini di tempat yang bisa Anda baca sewaktu-waktu.

Mengapa? Anda bisa menemukan atau memahami diri sendiri secara lebih baik dan mengingat hal-hal positif saat dibutuhkan.

5. #Dear Mantan
Selesaikan kepedihan yang dirasakan dan tumbuhkan rasa damai dengan melepaskan semua hal yang belum dikatakan pada mantan pasangan. Setelah semua unek-unek Anda dituliskan, buang surat ini sebagai simbol lembaran yang baru. Jika Anda merasa si dia bisa mendapat manfaat dari itu, tak ada salahnya mengirimkannya.

Mengapa? Ini bisa jadi cara yang sehat untuk melepaskan kenangan dan perasaan sedih sehingga Anda bisa "move on". Surat ini juga bisa menjadi cara menemukan pelajaran dari hubungan yang telah lalu.

6. #Dear Anakku
Jika Anda sedang hamil atau ingin menjadi orangtua, surat ini merupakan cara untuk berbagi harapan, kegembiraan, cinta, dan antisipasi, pada bayi yang belum lahir. Anda bisa memberikan surat ini saat mereka sudah besar, atau menyimpannya dalam kotak khusus, bahkan menulis jurnal sebagai kelanjutannya.

Mengapa? Ada adalah cara untuk terhubung dengannya atau membantu diri saat menghadapi kondisi ketidaksuburan atau keguguran.

7. #Dear Pasangan
Tuliskan pada pasangan Anda surat yang merupakan bentuk rasa syukur, pengingat kenangan atau tonggak pencapaian, atau mengungkapkan emosi yang sulit diungkap jika berhadapan langsung. Simpan surat ini dalam tempat khusus atau pun membaginya bersama.

Mengapa? Surat ini bisa membantu Anda melalui konflik atau perasaan, atau bahkan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih karena pasangan hadir dalam hidup Anda.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/31/110000020/manfaat-menulis-surat-rahasia-untuk-mantan-anak-dan-pasangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke