Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perempuan Lebih Bahagia dengan Pasangan yang Kurang Menarik

Temuan ini merupakan hasil riset Florida State University yang menganalisa hubungan 113 pasangan yang baru menikah di usia 20-an mereka. Tujuannya adalah mencari tahu apakah penampilan menarik seseorang merupakan faktor penentu kebahagiaan dalam hubungan rumah tangga.

Penelitian di atas sebenarnya bukan barang baru, karena tahun 2011 laporan dari Journal of Personality and Social Psychology telah menyebutkan bahwa pria biasa dengan istri cantik umumnya memiliki pernikahan yang lebih langgeng dan bahagia. Nah, temuan terbaru ini mendukung hal itu, di mana banyak perempuan ternyata memang lebih bahagia dengan pria ‘buruk’ rupa.

Untuk sampai pada kesimpulan seperti itu, para peneliti memberi rangkaian pertanyaan pada para partisipan dengan maksud mencari tahu sejauh mana keinginan mereka menjadi sexy dan bagaimana usaha yang dilakukan untuk tampil menarik.

Pada akhir study, ditemukan bahwa perempuan yang memiliki suami menarik ternyata lebih sering khawatir soal penampilan mereka sehingga melakukan banyak usaha seperti diet dan menjaga penampilan. Mereka juga lebih takut suaminya akan direbut orang lain atau melakukan perselingkuhan.

Sebaliknya, para istri yang memiliki suami standar, alias kurang menarik, tidak terlalu memaksa diri mereka dalam hal penampilan. Mereka juga tidak merasa perlu bersaing dengan perempuan lain untuk tampil cantik. Karena bisa lebih menikmati hidup tanpa kekhawatiran, para istri ini lebih bahagia.

Baca: Ini Dia Efek Samping Punya Suami Ganteng

“Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa memiliki suami ganteng dan menarik mungkin berdampak buruk bagi para istri, terutama bila mereka tidak semenarik pasangannya,” ujar peneliti Tania Reynolds. “Itu juga sebabnya banyak kasus pola makan yang keliru dari mereka demi menjaga penampilan.”

Nah, jika Anda kebetulan tergolong pria yang tidak ganteng, maka Anda tidak perlu khawatir dan jangan takut bersaing. Bisa jadi Anda lebih dipilih menjadi suami oleh perempuan cantik dibanding pria-pria lain yang lebih keren.

Baca: Bagaimana Tetap Menarik Meski Tidak Ganteng

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/08/03/112942620/perempuan-lebih-bahagia-dengan-pasangan-yang-kurang-menarik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke