Salin Artikel

Ups, Bad Mood Ternyata Bisa Menular

Dengan bantuan beberapa pemodelan matematika, tim peneliti menggunakan data dari Studi National Longitudinal Study of Adolescent to Adult Health dan menemukan bahwa suasana hati yang baik maupun buruk memiliki kecenderungan untuk menyebar ke seluruh lingkaran sosial.

"Kami menyelidiki apakah ada bukti bahwa komponen suasana hati individual seperti nafsu makan, kelelahan, dan tidur dapat menyebar melalui jaringan pertemanan," kata Rob Eyre, pemimpin penelitian dan periset statistik kesehatan masyarakat.

Peneliti menemukan, jika Anda terus-menerus dikelilingi dengan orang-orang yang ceria, maka Anda lebih mungkin untuk merasakan hal yang sama. Tapi jika teman Anda adalah sekelompok pemilik suasana hati buruk, Anda juga mungkin akan "bergabung" dengan mereka.

"Memahami bahwa komponen suasana hati dapat menyebar secara sosial, maka diharapkan dapat menjadi target utama intervensi sosial dalam mengurangi risiko depresi, dan target sekunder dalam mengurangi suasana hati negatif," kata Griffiths.

Jadi, jika Anda tidak tahu mengapa Anda sering mengalami suasana hati yang buruk, lihat-lihat apakah ada rekan yang lebih dulu merasakannya?

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/24/101017520/ups-bad-mood-ternyata-bisa-menular

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.