Salin Artikel

4 Langkah Agar Tidak Malas Berlari

1. Walk away

“Coba metode berlari/berjalan,” kata Vachal. “Berlari semenit, kemudian berjalan semenit.” Setelah terbiasa dan nyaman, bisa ditambah, lari selama dua menit dan berjalan selama semenit, dan kemudian 3, 4, 5 menit dengan interval berjalan selama semenit. Tak lama, Anda akan bisa berlari untuk waktu yang lama. “Ini tentang membangun (stamina) secara bertahap,” katanya. “Anda membangun kepercayaan diri dan kekuatan.”

2. Run out the clock

“Fokus pada waktu, bukan jarak atau kecepatan,” kata Vachal. “Berlari dengan jarak panjang bisa mengintimidasi bagi pelari pemula—dengan tidak fokus pada kecepatan dan jarak, Anda mampu untuk fokus memperbaiki kondisi dan mudah menikmati berlari.”

3. Bend and stretch

Cross-training atau menyisipkan latihan olahraga lain di antara lari bukan hanya untuk para pelari marathon. “Bahkan jika Anda baru, melengkapi (dengan cross training) membantu memulihkan serta memperkuat otot yang Anda gunakan,” katanya.

Vachal menyarankan agar dalam sepekan berlari tiga kali, dua kali cross training, dan dua kali istirahat. “Jika Anda tidak pulih dengan benar, tubuh Anda akan terus tertekan dan akan mulai menyimpan lemak,” katanya.

4. Stay positive

“Berlari adalah olahraga mental,” kata Vachal. “Moto saya adalah: latih pikiran, dan kaki Anda akan mengikuti.” Jika pikiran mulai negatif, fokuslah pada target waktu dan kemudian visualisasikan perasaan yang menyenangkan bila target tersebut tercapai.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/01/065241320/4-langkah-agar-tidak-malas-berlari

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.