Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sehari Boleh Makan Telur Berapa Kali?

Telur adalah salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun banyak yang takut makan telur karena kandungan kolesterol yang disebut-sebut bisa bikin kolesterol darah naik jika dikonsumsi. Faktanya, dalam satu butir telur ukuran besar, terdapat kandungan kolesterol sebanyak 186 mg di dalam kuning telur, yang biasanya lebih banyak digemari ketimbang putihnya.

Kalau begitu, berapa banyak telur yang boleh dikonsumsi dalam sehari? Sayangnya, sampai saat ini memang tidak ada rekomendasi yang pasti terkait berapa banyak telur yang boleh dikonsumsi dalam satu hari. Namun, ada anjuran seberapa banyak kolesterol yang boleh Anda konsumsi dalam satu hari, yaitu:

Memang tidak ada patokan pasti berapa banyak telur yang baik untuk dikonsumsi. Namun, jika Anda penggemar telur, sebaiknya kurangi konsumsi bagian kuning telur. Makanlah bagian putihnya saja. Anda bisa memanfaatkan kuning telur sebagai campuran kue atau makanan lain.

Mungkin kadar kolesterol yang ada dalam kuning telur tersebut tak melampaui batas maksimum yang telah ditentukan, tapi itu belum ditambah dengan makanan lain yang Anda konsumsi yang mungkin saja ada mengandung kolesterol.

Minyak serta margarin punya kandungan lemak jenuh yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan buat kolesterol tubuh melonjak. Sebaiknya olah telur dengan cara yang lebih sehat, misalnya direbus atau cara lain yang tak menggunakan minyak serta margarin.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/07/074513520/sehari-boleh-makan-telur-berapa-kali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke