Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunci Hubungan Langgeng Tak Serumit yang Dikira

Mark Manson, penulis buku The Subtle Art of Not Giving a F**ck mengungkapkan rahasia hubungan untuk bertahan lama. Dan ternyata itu lebih sederhana daripada yang dipikirkan.

Manson mengatakan sebuah hubungan jangka panjang yang datar sering dianggap sebagai sesuatu yang membosankan. Orang jaman sekarang mungkin heran melihat pasangan berusia 80 tahun bisa tetap bahagia meski telah bersama selama 60 tahun.

“Namun ternyata alasan mereka bisa tetap bersama selama 60 tahun ini bukan karena mereka bisa menggunakan jet pribadi untuk berlibur dan memiliki hal-hal mewah lain,” kata Manson.

Hubungan itu bisa bertahan lama karena pasangan-pasangan itu mampu mengatasi kebosanan bersama dan menerimanya. Mereka menghabiskan tahun demi tahun dengan duduk di sekitar rumah, membicarakan hal-hal yang sama, menonton TV, film, memasak makan malam dan hal-hal lain yang biasa.

“Walau tak ada yang menarik, tapi tidak ada yang meledak (marah), tidak ada drama besar, dan piring beterbangan,” katanya.

Menurut Manson, saat ini banyak orang ingin menjadi istimewa, ingin menjadi orang yang menarik dan memiliki kehidupan yang menarik. Namun, masalahnya idealisme tersebut malah membuat hubungan baik-baik menjadi banyak masalah.

“Banyak kasus, karena ingin menjadi istimewa dan hidup senang, membuat orang lupa pada kenyataan karena selalu mengejar mimpi. Mereka lupa menikmati dan membiarkan hidup berjalan.”

Oleh karena itu, Manson mengatakan bahwa orang juga perlu sesekali merasa bosan dan menikmatinya, agar ia bisa menghargai apa yang sudah dimiliki. Selain itu, kebosanan perlu dilihat sebagai hal yang baik untuk sebuah hubungan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/27/142419820/kunci-hubungan-langgeng-tak-serumit-yang-dikira

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke