Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simaklah, 7 Rahasia Awet Muda dan Panjang Umur...

KOMPAS.com - Umur panjang dan awet muda pasti menjadi dambaan banyak orang. Kabar baiknya, resep panjang umur dan awet mudah tak serumit yang dibayangkan.

Sayangnya, tak banyak orang yang mengetahui "resep" sederhana ini.

Padahal, hanya memrpaktikan hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari, sudah mampu meningkatkan harapan hidup kita.

Laman Reader's Diggest, melansir tujuh cara awet muda dan berumur panjang.

1. Optimistis dan peduli sesama

Dua penelitian terbaru menunjukkan dua cara sederhana ini sudah mampu membuat kita memiliki umur panjang, yaitu sikap optimistis dan peduli sesama.

Riset pertama dalam penelitian Women's Health Initiative meneliti 100.000 wanita menggunakan bantuan kuesioner khusus.

Hasilnya, 14 persen mereka yang hidup pesimis meninggal selama delapan tahun pertama masa penelitian.

Sementara itu, riset yang dilakukan oleh University of Michigan membuktikan manfaat memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

Riset menemukan mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk merawat pasangannya mampu mengurangi risiko kematian dini hingga 36 persen, selama periode tujuh tahun.

2. Tetapkan tujuan

Riset dari Rush University Medical Center, Chicago, mengatakan sekecil apa pun tujuan hidup kita telah menunjukkan keunggulan kita dalam bertahan hidup.

Riset dilakukan dengan meneliti 1.200 orang dewasa berusia lanjut. 

Hasilnya, mereka yang hidup dengan niat dan tujuan pasti mampu mempertahankan hidupnya selama lima tahun masa riset.

3. Berjemur di bawah matahari

Tingkat vitamin D yang rendah berisiko tinggi pada osteoporosis, diabetes, hipertensi dan kanker.

Riset membuktikan, orang dewasa yang kurang terpapar sinar matahari 26 persen tinggi kemungkinannya untuk mengalami kematian dini.

Riset yang dilakukan Michael Melamed, dengan meneliti 13.000 peserta selama 12 tahun membuktikan vitamin D memiliki dampak yang luas pada kesehatan.

Oleh karena itu, ia menyarankan kita untuk mengonsumsi susu yang kaya vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari selama 10-15 menit antara pukul 11.00-15.00.

Lakukan hal tersebut selama beberapa hari seminggu, dan jangan lupa gunakan tabir surya. Kita juga bisa mengonsumsi suplemen anti penuaan.

4. Perbaiki DNA

Dean Ornish, selaku peneliti dan peraih Hadiah Nobel Elizabeth Blackburn, mengatakan kebiasaan sehat dapat memperbaiki DNA.

Ornish melakukan riset yang meneliti para vegetarian penuh yang mengonsumsi 10 persen kalori dari lemak, serta menerapkan kebiasaan jalan kaki 30 menit selama enam hari dalam seminggu.

Peserta riset juga menggunakan teknik untuk mengurangi stres dan berkumpul dengan kelompok untuk mendapat dukungan setiap minggu.

Hasil riset menunjukkan adanya penurunan kolesterol LDL dan tingkat stres, serta kenaikan telomerase sebanyak 29 persen.

Enzim telomerasi berfungsi untuk memperbaiki dan memperpanjang telomere, protein kecil kompleks di ujung kromosom yang penting untuk kekebalan dan umur panjang.

Telomer pendek dan tingkat telomerase yang rendah menandakan peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker, serta semakin memburuknya kondisi tubuh saat kita jatuh sakit.

5. Jaga aliran darah ke jantung

Menurut Dr. Oz, dua hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk tetap awet muda dan sehat adalah berjalan dan membangun komunitas.

Meyia-nyiakan kesempatan untuk berjalan kaki mendatangkan risiko kematian. Hanya 15 menit berjalan kaki akan menawarkan manfaat kesehatan.

Sementara itu, membangun komunitas dapat menghindari isolasi. Perasaan isolasi membuat kita kehilangan tujuan hidup.

Dan, saat kita tak memiliki alasan untuk hidup, maka peluang untuk mengalami kematian dini semakin tinggi.

6. Kurangi konsumsi daging merah

Sebuah penelitian yang dilakukan selama sepuluh tahun terhadap 545.000 orang Amerika Serikat menemukan orang yang makan sekitar empat ons daging sapi atau babi sehari 30 persen lebih mungkin untuk meninggal lebih awal.

Riset sebelumnya telah membuktikan konsumsi daging merah yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar yang tinggi.

7. Berolahraga

Manfaat olahraga telah lama dibuktikan oleh para ahli.

Berolahraga, meski hanya rutin jalan kaki atau bermain tenis bersama pasangan, sangat bermanfaat bagi fisik dan mental kita.

Dengan kata lain, gaya hidup aktif juga berperan besar untuk meningkatkan harapan hidup kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/03/193612320/simaklah-7-rahasia-awet-muda-dan-panjang-umur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke