Salin Artikel

Ternyata, Anjing Punya Kemampuan Memahami Kata yang Diucapkan Manusia

KOMPAS.com - Selama ini kita pasti bertanya-tanya bagaimana anjing bisa mengikuti apa yang diucapkan pemiliknya.

Ternyata, dari penelitian terbaru terungkap, anjing benar-benar bisa mengerti bahasa manusia, seperti yang dikatakan pemiliknya.

Laman New York Post mengungkapkan, anjing bahkan memproses kata yang diucapkan dengan cara yang mirip dengan manusia—dan di area yang sama di otak, menurut para ilmuwan.

Bisa jadi ini alasan mengapa anjing langsung mengikuti saat kita berbicara ‘jalan’ atau menanggapi nada suara yang penuh kasih sayang. 

Namun bagaimana hal ini terjadi masih menjadi misteri hingga sekarang.

Peneliti mencoba melihat materi abu-abu di otak anjing lewat pemindai MRI. 

Area yang berbeda di otak menyala ketika tim menggunakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkannya—atau berbicara apa saja.

Ahli saraf Neuroscientist Gregory Berns dari Emory University mengatakan, anjing mungkin memiliki kapasitas dan motivasi yang bervariasi untuk belajar dan memahami kata-kata manusia.

"Tapi mereka tampaknya memiliki representasi saraf untuk arti kata-kata yang telah diajarkan, melampaui sekadar tanggapan Pavlovian tingkat rendah,” ungkap Berns.

Pavlovian adalah reaksi yang dapat dikondisikan atau dapat diduga, yang dinamai berdasarkan temuan ahli fisiologi Rusia.

Penulis studi Ashley Prichard, seorang kandidat Ph.D. di laboratorium psikologi Bern mengatakan, banyak pemilik anjing berpikir anjing mereka tahu apa arti beberapa kata, tetapi sebenarnya tidak ada banyak bukti ilmiah untuk mendukungnya. 

“Kami ingin mendapatkan data dari anjing itu sendiri—bukan hanya laporan pemilik,” katanya.

Para peneliti berfokus pada pertanyaan seputar mekanisme otak yang digunakan anjing ketika manusia berbicara atau bahkan apa yang merupakan kata bagi mereka.

Berns mengatakan, mereka tahu anjing memiliki kapasitas untuk memproses setidaknya beberapa aspek bahasa manusia karena anjing dapat belajar untuk mengikuti perintah verbal.

Dalam studi terbaru, yang diterbitkan di Frontiers dalam Neuroscience, 12 anjing dari berbagai jenis anjing dilatih selama berbulan-bulan untuk mengambil dua objek bertekstur berbeda, setelah mendengar nama mereka.

Satu seperti boneka binatang bertekstur lunak, dan satu lagi lebih keras dan terbuat dari karet. 

Setelah mengambilnya, hewan-hewan itu diberi makanan atau pujian.

Setelah sukses, anjing itu berbaring di mesin pemindai ketika pemilik menyebutkan nama-nama mainan pada interval tertentu, lalu menunjukkannya kepada mereka.

"Kami berharap melihat anjing membedakan secara fisik antara kata-kata yang mereka ketahui dan kata-kata yang tidak mereka pahami," kata Prichard.

"Apa yang mengejutkan adalah hasilnya berlawanan dengan penelitian pada manusia—orang biasanya menunjukkan aktivasi saraf yang lebih besar untuk kata-kata yang dikenal daripada kata-kata baru."

Berns mengatakan, anjing akhirnya ingin menyenangkan pemiliknya dan mungkin juga menerima pujian atau makanan.

Tantangan utama dalam memetakan proses kognitif anjing adalah perbedaan ukuran otak mereka. Misalnya, Chihuahua jauh lebih kecil dari Great Dane.

Penelitian juga mendapati bahwa kata-kata yang diucapkan bukan selalu menjadi cara paling efektif bagi pemilik untuk berkomunikasi dengan anjing.

Bahkan, penelitian terbaru lainnya oleh tim yang sama menunjukkan sistem saraf anjing lebih selaras dengan isyarat visual dan aroma daripada yang verbal.

Prichard menambahkan, ketika orang ingin mengajarkan anjing mereka trik, mereka sering menggunakan perintah verbal karena itulah yang lebih disukai manusia.

“Dari sudut pandang anjing, bagaimanapun, perintah visual mungkin lebih efektif, membantu anjing mempelajari trik lebih cepat,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/18/090900920/ternyata-anjing-punya-kemampuan-memahami-kata-yang-diucapkan-manusia

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.