Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rahasia Kecantikan Turun-temurun Gadis Tiongkok

Ketahui apa saja tradisi para gadis Tiongkok sejak zaman nenek moyang yang masih bertahan hingga kini:

1. Akupresur dan akupuntur
Kedua metode ini merupakan cabang dari pengobatan tradisional China yang dipakai untuk merangsang akupoin, serta mengembalikan aliran energi di tubuh.

Akupresur dan akupuntur yang dilakukan rutin juga dipercaya bisa mendetoks kulit, mengaktifkan produksi alami kolagen, dan mengurangi gejala eksim serta psoriasis.

2. Jade roller dan alat pembentuk wajah
Alat untuk memijat wajah yang sedang tren di kalangan beauty junkie ini sejatinya berasal dari Tiongkok. Alat serupa lain seperti Gua Sha pada dasarnya dipakai untuk memmijat dan akupresur di rumah.

Menurut pendiri merk skincare W=Hb2, Yilin Wang, aspek penting dari kecantikan wanita China adalah bentuk wajah, bukan seberapa halus make upnya.

"Mereka yang bentuk wajahnya ideal, yaitu berbentuk telur atau dagu "V" adalah yang tercantik," katanya.

Alat-alat pemijat dan pembentuk wajah seperti Jade roller itu diketahui bermanfaat untuk mengurangi bengkak pada wajah setelah bangun tidur.

3. Kacang hijau
Kacang hijau yang kaya antioksidan ini bukan hanya makanan bergizi, tapi juga untuk kecantikan. Cukup banyak produk kecantikan seperti masker atau terapi wajah yang menggunakan bahan ini.

4. Teh hijau
Orang China memang sangat sering mengonsumsi teh herbal. Teh hijau salah satunya yang terkenal dengan kandungan antioksidan dan antiperadangan.

"Ada berbagai tipe teh untuk masalah kulit yang berbeda. Tapi yang paling populer tetap teh hijau," kata Yilin.

5. Air beras
Wanita di China dan juga Korea sering membersihkan wajah mereka dengan air beras. Resep tradisional ini sudah diturunkan lintas generasi.

Selain mampu mencerahkan wajah, air beras juga memiliki manfaat antiperadangan, memperbaiki tekstur kulit, dan meningkatkan kekenyalan kulit.

6. He shou wu
Digunakan dalam pengobatan tradisional China sejak 800 SM, He shou wu adalah campuran herbal yang dipakai untuk meremajakan kulit serta membuat rambut lebih tebal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/02/26/070000620/rahasia-kecantikan-turun-temurun-gadis-tiongkok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke