Salin Artikel

Apa Latihan Terbaik agar Lebih Cepat Langsing?

KOMPAS.com - Untuk mencapai tubuh ideal, kita harus mengurangi kalori dalam tubuh. Ini bisa dicapai dengan meningkatkan aktivitas olahraga atau mengubah pola makan kita.

Bila tujuannya adalah membuat tubuh lebih ramping, maka olahraga dan pola makan bersih adalah pilihan wajib.

Nah, olahraga di gym dengan fokus pada latihan beban memang lebih mampu membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Namun jenis olahraga tersebut juga turut mengembangkan otot tubuh, padahal otot lebih berat daripada lemak. Sehingga bisa jadi berat di timbanganmu tetap, tapi tubuh menjadi lebih terbentuk dan kurang berlemak.

Lalu, olahraga apakah yang efektif untuk menurunkan berat badan?

Seorang pelatih pribadi dari London yang bernama Heloise Nangle mengatakan bahwa latihan kardio adalah jalan untuk mencapai tujuan tersebut, namun latihan beban juga menjadi bagian penting untuk memangkas kelebihan berat badan.

Artinya, menggabungkan dua jenis latihan ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang lebih efektif daripada hanya berfokus pada olahraga kardio.

Pakar kebugaran bernama Ryan Terry juga mengatakan hal serupa. Menurutnya ada kesalahpahaman ketika seseorang ingin menurunkan berat badan berolahraga di gym.

Banyak dari mereka secara otomatis memilih olahraga dengan mesin kardio daripada olahraga dengan beban atau mesin resistensi.

"Tak masalah jika ingin menurunkan berat badan dengan mesin kardio. Tapi, cara paling efektif membakar kalori adalah melalui latihan beban," ungkapnya.

Lalu bagaimana dengan berbagai penelitian yang menyebut bahwa beberapa jenis olahraga --kebanyaka tergolong kardio-- mampu membakar kalori lebih banyak dari yang lainnya?

Misalnya olahraga lompat tali atau skipping  yang selama ini dikenal mampu membakar kalori dalam jumlah tinggi.

Berdasarkan laporan Women's Health Magazine, olahraga dengan tali skipping bisa membuat kita membakar antara 667 hingga 990 kalori per jam, jika kita melakukan 120 lompatan per menit.

Menggunakan tali yang berat bahkan bisa menjadi alternatif karena melibatkan latihan otot lengan dan bahu kita.

Laporan dari Women's Health Magazine juga mengatakan, olahraga terbaik untuk membakar kalori adalah berlari mendaki bukit atau lari cepat di tangga.

Olahraga tersebut membuat kita mampu membakar 639 hingga 946 kalori.

Sedangkan olahraga kickboxing selama satu jam membantu membakar kalori sebanyak 582 hingga 864 kalori.

Sementara itu, olahraga bersepeda juga membantu membakar kalori sekitar 586 hingga 841 per jam. Dan berlari dengan kecepatan 10 menit per mil membakar 566 hingga 839 kalori setiap jam.

Meski begitu, latihan otot memiliki kelebihan dalam membakar kalori. Bagaimana bisa? Alasannya adalah karena kalori dibakar dalam otot.

Latihan kekuatan akan membangun lebih banyak otot dalam tubuh kita. Semakin banyak otot terbentuk, makin banyak pula tungku untuk membakar kalori.

Artinya memadukan latihan kardio dengan latihan beban akan menghasilkan dampak yang lebih besar. Otot yang terbentuk dalam latihan beban akan membantu tubuh membakar kalori ketika latihan kardio.

Untuk itu, kita disarankan melakukan latihan kardio  3-4 kali per minggu dengan lama latihan masing-masing sekitar 30 menit, dan diselingi latihan beban di hari lain, 2-3 kali seminggu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/03/01/161600720/apa-latihan-terbaik-agar-lebih-cepat-langsing-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.