Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unggah Foto ke Instagram, Hadiahnya Jalan-jalan ke Las Vegas, Mau?

Memutakhirkan lini masa di beragam jejaring media sosial memang sudah bisa disebut sebagai keseharian bagi banyak orang.

Tak peduli usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan dan pekerjaan, semuanya membagikan momen yang diangap menarik melalui media sosial.

Biasanya, kegiatan itu bisa mendatangkan kepuasan tersendiri.

Apalagi, jika kemudian video atau foto yang diunggah disambut baik, dan mendapatkan banyak "likes" atau pun komentar dari para pengikut. Bahagia bukan?

Nah, lalu bagaimana jika reward yang didapat tak cuma "likes" dan komentar berisi puja-puji, tapi kesempatan memenangkan paket perjalanan ke Las Vegas, Amerika Serikat?

Kesempatan itulah yang kini dibuka lebar untuk para netizen Indonesia dalam ajang Wrangler True Wanderer 5.0.

"Tahun ini kita akan terusin program yang sudah baik selama empat tahun ke belakang. Ini adalah kompetisi challenge dari Wrangler untuk mencari petualang sejati."

Demikian diungkapkan GM Marcomm PT Delamibrands Kharisma Busana, -selaku pemegang brand Wrangler di Indonesia, Ludy Paat, dalam konferensi pers, di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

"Inspirasinya dari anak-anak muda jaman now untuk berbagi cerita di sosial media,"kata Ludy, sambil menekankan bahwa acara ini tak membatasi usia peserta. 

"Kita mengharapkan anak-anak milenial yang suka berpetualang, makan, naik gunung, naik motor -kayak saya, sambil berpetualang mereka bisa sharing apa yang mereka lakukan di Instagram atau Facebook," sambung Ludy.

Berbeda dengan persyaratan yang lebih rumit pada empat ajang serupa sebelumnya, tahun ini persyaratan peserta amatlah mudah.

Mereka yang ingin mencoba peruntungan hanya perlu mengunggah foto atau video tentang petualangan yang mereka jalani ke akun Instagram atau Facebook.

Lalu, dalam unggahan tersebut mereka wajib membubuhi hashtag #TW2019ID.

Ludy menjelaskan, petualangan yang dimaksud bisa beragam bidang, tak hanya aktivitas luar ruang semata.

"Yang suka wisata kuliner pun bisa berbagi tentang apa yang mereka jalani," sebut Ludy.

Selain membubuhi hashtag, peserta juga harus memastikan akun medsos mereka tidak tertutup (private).

Konten berupa foto dan video yang mampu menunjukkan bagaimana peserta menerjemahkan semangan #live2wander.

Kemudian, pada unggahan tersebut peserta wajib pula membubuhi caption atau keterangan sepanjang 200-300 kata, yang menceritakan pengalaman menarik dari foto atau video yang diunggah.

"Jadi syarat tahun ini gampang banget. Kalo yang dulu harus masuk ke website Wrangler, isi data, upload foto atau video, sekarang cukup kasih hashtag," ungkap Ludy lagi.

Dengan kemudahan tersebut, Ludy mengaku menargetkan jumlah peserta sebanyak 50.000. Target tersebut melambung tinggi dibandingkan periode acara serupa sebelumnya.

"Tahun lalu 2018 dengan hadiah ke Labuan Bajo, pesertanya 11 ribuan," kata Ludy. 

"Semoga bisa tercapai ya. Nanti dari peserta yang masuk, juri akan pilih 20 calon pemenang, untuk ditentukan 10 pemenangnya," sambung Ludy.

"20 itu termasuk cadangan, jaga-jaga kalo ada yang mundur, soalnya tahun lalu ada yang mundur."

Selanjutnya, dari 10 pemenang tersebut akan "diadu" -dengan memilih satu kawan pendamping untuk melakukan perjalanan dan mendokumentasikannya dalam semangat True Wanderer.

Perjalanan tersebut diharapkan bakal berisi konten yang menginspirasi terkait dengan lima tantangan yang berbeda, yakni #TrueCulture, #TrueView, #TrueFriends, #TrueFoodie, dan #TrueDenim.

"Pemenangnya adalah mereka yang dinilai bisa memenuhi semua tantangan ini," ungkap Ludy.

Penentuan dua pemenang True Wanderer 2019 akan dipilih melalui pemungutan suara publik dan panel juri.

Dua juri yang didapuk untuk menggawangi perhelatan ini adalah, Jujuk Margono -seorang mantan jurnalis yang juga pehobi otomotif dan pembawa acara di televisi swasta, dan Renaldi Ahmad -seorang fotografer travel.

"Gampang banget"

Senada dengan penuturan Ludy, Jujuk yang sudah berkali-kali menjadi juri di ajang ini menilai persyaratan yang dipatok saat ini amat mudah.

"Ini gampang banget," kata dia yang juga hadir dalam acara kemarin.

"Ini enak banget, dan hadiahnya ke Las Vegas dan Los Angeles," sambung dia.

"Lo lagi jalan-jalan ke Cibodas, foto-foto, upload, tambahin hashtag #TW2019ID, udah, lo udah punya peluang menangin tiket ke Las Vegas. Gampang kan?"

Sebagai juri, Jujuk mengaku akan memilih pemenang yang menawarkan konten dengan cerita di baliknya.

"Artinya, ada korelasi antara apa yang di-post dengan cerita dan spirit-nya," kata dia.

Sementara, Renaldi menyebut, aspek fotografi, seperti komposisi, kreativitas, dan momen merupakan hal yang bakal dipertimbangkan.

"Pun gak kalah penting caption tadi," kata dia. 

Dengan regulasi yang lebih gampang tahun ini, Renaldi mengaku akan lebih memilih perserta yang memberikan multiple post dengan cerita yang berkaitan.

"Single photo boleh, tapi kalo bisa multiple jadi lebih penting. Proses how to get there-nya yang penting. Jadi, submit multiple content akan jadi poin plus," kata dia. 

Pelaksanaan True Wanderer 5.0.

Lebih jauh Ludy menjelaskan, ajang ini mulai bergulir mulai 7 Mei-16 Juni 2019. "Pemilihan finalis pada 20 Juni 2019," kata dia.

Selanjutnya, pengumuman finalis akan dilakukan pada 23 Juni 2019, yang kemudian disusul dengan perjalanan mereka pada 3-7 Juli 2019.

"Pemilihan pemenang pada 11 Juli 2019, dan pengumuman pemenang pada 15 Juli 2019," kata Ludy.

Perjalanan ke Las Vegas bagi pemenang akan dilakukan pada akhir bulan Agustus 2019. "Semoga proses pembuatan visa-nya bisa lancar ya," kata dia lagi.

"Total dengan perjalanan delapan hari, dua hari pertama di LA, lalu tiga hari di Las Vegas, satu hari lagi di LA," kata Ludy.

Selain perjalanan lima hari empat malam ke AS -berikut akomodasi, pemenang akan mendapat uang saku sebesar 750 dollar AS, dan produk Wrangler.

Kamu berminat?

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/08/091140420/unggah-foto-ke-instagram-hadiahnya-jalan-jalan-ke-las-vegas-mau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke