Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pura-Pura 'Move On' Bantu Cepat Lupakan Mantan, Apa Sebabnya?

KOMPAS.com - Menghadapi putus cinta adalah salah satu momentum terberat yang kita alami. Apalagi jika kita pernah menaruh cinta yang amat mendalam pada sang mantan kekasih.

Beberapa hal biasanya dilakukan orang yang patah hati. Seperti menangis seharian sambil makan es krim, mengintip profil media sosial si dia, mencari kesibukan lain, mendengarkan lagu-lagu sedih, atau menonton film komedi romantis.

Yang kita lakukan itu bisa berdampak baik, atau bisa juga memperburuk keadaan. Namun, tahukah kamu bahwa bersikap kita seolah sudah 'move on' dari mantan ternyata bisa membantu mempercepat proses pemulihan kita dari rasa patah hati. Apa penyebabnya?

1. Membantu fokus dengan hal lain

Menghabiskan waktu memikirkan skenario-skenario untuk kembali lagi dengan mantan hanya akan membuat kita merasa semakin patah hati dan sedih.

Lebih baik, salurkan energi kita pada kegiatan-kegiatan lain yang kita sukai. Bisa dengan fokus pada pekerjaan, melukis, menulis, dan apa saja yang membuat kita lebih produktif.

Mungkin awalnya akan sulit, namun setelah membiasakan diri melakukannya kita pasti bisa melupakan mantan yang sebelumnya selalu memenuhi pikiran kita.

2. Mengajari kita tentang hidup

Kita mungkin saja berpikir tidak akan ada lagi hal yang menyenangkan dalam hidupmu karena mantan kekasihmu kini tak lagi menjadi bagian dari hidup kita.

Tak masalah untuk berpikir demikian dan hal itu mungkin memang terasa benar untuk beberapa waktu.

Jangan menunggu lebih lama, hapuslah kontak dan foto-foto mantan dari ponsel kita. Jika perlu, hentikan pertemanan dengan semua akun media sosial mantan.

Bersikaplah seolah kamu sudah move on dari dia dan kekacauan yang ditinggalkan setelah kalian putus cinta.

Percayalah, langkah tersebut tidak hanya akan membuatmu lebih lega, tapi kamu juga akan lebih menerima kepergian dia dan memang tidak ada yang bisa dilakukan untuk itu.

Apa yang bisa kamu lakukan adalah menciptakan memori baru untuk menghapuskan memori-memori lama.

3. Percaya bahwa kamu baik-baik saja tanpanya

Tahukah kamu bahwa mengabaikan rasa gatal bisa menghindarkanmu dari terus menggaruk area yang gatal tersebut? Percayalah bahwa prinsip yang sama juga terjadi pada hubungan.

Ketika kamu secara intensif berusaha menghilangkan perasaan negatif dan meyakini bahwa dirimu baik-baik saja, kamu akan move on lebih cepat.

Kamu bisa melakukan kegiatan seperti nonton film bersama teman-teman, membaca buku kesukaan, jalan-jalan, dan berhenti kembali memikirkan si dia karena ia hanyalah masa lalu.

4. Bisa kembali pada dirimu sebelumnya

Berpura-pura seolah sudah move on juga berarti memberikan ruang bagi untuk kembali mengungkapkan sisi lain diri kita.

Semakin segera kamu bersikap seolah sudah move on, maka kamu juga akan segera bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan barumu alias menjadi seseorang tanpa pasangan.

Ingatlah bahwa ketika dulu mantanmu (yang masih kekasih) datang, ada banyak hal yang berubah. Kamu bisa kembali menemukan hidupmu yang dulu bahkan berubah menjadi lebih baik.

5.Menjadi tidak peduli adalah hal membahagiakan

Jika mengakui bahwa diri kita masih peduli dengan mantan adalah hal yang menyakitkan, lalu mengapa melakukannya? Akan lebih mudah untuk mengakui bahwa hubunganmu dengan mantan kekasih memang sudah berakhir.

Tak perlu menyiksa diri sendiri dengan terus menerus melihat foto mantan dengan pacar barunya dan berharap kamulah yang ada di posisi itu. Jika kamu berpura-pura tidak peduli, maka emosi tersebut tidak akan menguasaimu.

6. Memenangkan "piala" pasca-putus cinta

Memang tidak ada kompetisi antara kamu dan mantanmu untuk melihat siapa yang mendapatkan kebahagiaan baru lebih dulu. Namun, tentu kamu tidak ingin kalah, bukan?

Bayangkan bagaimana si dia akan kesal dan cemburu jika dia melihatmu menikmati hidup tanpa dia. Rasanya menyenangkan, bukan?

Itulah yang akan kamu dapatkan jika bersikap seolah kamu memang sudah move on dari dia. Kamu akan menemukan lebih banyak kebahagiaan daripada berlarut dalam kesedihan.

7. Jauh dari tekanan untuk move on

Banyak orang merasa sedih berkepanjangan dan tidak tahu bagaimana caranya untuk pulih setelah putus cinta.

Bersikap seolah apa yang baru menimpa kita adalah hal terbaik yang pernah terjadi di hidup kita bisa menjadi cara untuk benar-benar move on.

Bersikaplah seolah kamu tidak lagi menginginkannya dan habiskan lebih banyak waktu bersama teman-teman. Sehingga seiring berjalannya hari, kamu tak akan lagi merasa tertekan untuk segera move on dari mantan.

8. Membuka mata

Hadapi saja, mantanmu mungkin tidak sebaik yang pernah kamu duga. Berpura-pura move on akan membuatmu melupakan kenangan-kenangan bersamanya lebih cepat.

Jika perlu, berusahalah untuk menggantikan memori-memori indah tersebut dengan memori-memori burukmu bersamanya. Seiring berjalannya waktu, kamu akan bisa membuang dia dari pikiranmu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/19/112140820/pura-pura-move-on-bantu-cepat-lupakan-mantan-apa-sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke