Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jerawat Tak Kunjung Hilang? Bisa Jadi karena Faktor Pikiran

Rupanya, jerawat yang tak kunjung sembuh bisa disebabkan oleh faktor dalam, yakni pikiran. Hal ini diungkapkan oleh psikolog Felicia Maukar yang juga Co-Founder of Soul Dewi saat ditemui di Keraton Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (6/10/209).

“Penyebab permasalahan jerawat datangnya dari mana itu luas sekali, harus dilihat dari berbagai sisi, seperti sumber dari dalam atau luar,” ujar Felicia.

Felicia mengatakan, pikiran yang menjadi salah satu faktor sebenarnya bisa diatasi dengan mencoba mencintai diri sendiri.

“Self love itu mengenai sense of worth-nya atau berharganya diri kita dan believe-nya pada diri sendiri,” ujar Felicia.

Jerawat yang muncul dan tak kunjung sembuh misalnya, bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang minta diperhatikan oleh pasangan atau lingkungan.

“Merasa enggak ada yang perhatikan, ‘ya ngapain juga aku merawat wajah enggak ada yang perhatikan?' Melalui alam bawah sadar orang itu pun menciptakan jerawatnya sendiri,” kata Felicia.

Untuk itu, mencintai diri sendiri dirasa sebagai salah satu cara yang ampuh untuk menjaga kesehatan kulit.

“Kita harus cinta diri kita lebih dulu.  kita cinta sama orang lain, akhirnya orang juga akan cinta. Dia butuh cinta orang lain untuk men-devine dirinya sendiri,” ujar Felicia.

Bagi Felicia, kecantikan tak hanya tentang fisik (body), namun juga pola pikir (mindset), dan emosi atau jiwa (emotional & soul). Tiga hal inilah yang diambil oleh Soul Dewi untuk dilatih dalam beberapa sesi workshop.

Sesi workshop yang diadakan Soul Dewi di kantor Skin Dewi, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini sudah bisa mulai diikuti, dengan jadwal sebagai berikut, 15 hingga 17 November 2019 dengan materi Organic Skincare Formulation, 23 November Class Natural Face and Body Wash, Serta ssi terakhir, akan diadakan di bulan Desember dengan agenda Live Board Games.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/07/145126220/jerawat-tak-kunjung-hilang-bisa-jadi-karena-faktor-pikiran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke