Salin Artikel

Cara Tepat Merawat Rambut Gondrong dan Keriting

KOMPAS.com - Punya rambut keriting yang tebal, berarti kamu punya beban ekstra untuk merawatnya. Ya, semua pria berambut keriting dan gondrong di luar sana tahu akan hal ini.

Cukup sulit untuk memiliki good hair day sesuai keinginan, apalagi saat kamu tahu cuaca di luar bakal mengubah rambut keriting dan panjang milikmu "mengembang” dan berminyak. Bahkan, butuh pengetahuan ekstra dan jauh lebih banyak produk agar rambutmu tetap terjaga.

“Salah satu masalah terbesar yang dimiliki orang-orang berambut ikal adalah mereka tidak menggunakan produk yang tepat untuk jenis rambut mereka,” kata penata rambut Carlos Arriola dari Mexico City.

Arriola sendiri memiliki rambut keriting panjang dan membantu kliennya mengelola rambut mereka sendiri. 

Mengelola rambut keriting dimulai dengan perawatan rambut —produk yang membersihkan, melembapkan, dan menutrisi rambut, alih-alih menata dan mengendalikannya.

Arriola menyarankan kliennya untuk mencuci dan merawat rambut mereka setiap hari ketiga. Tujuannya yaitu mengurangi jumlah hari kamu menderita keracunan kering yang disebabkan oleh sampo. Sebab, sampo dapat mengangkat minyak alami dari kulit kepala yang membantu menyuburkan rambut.

“Rambut menghasilkan minyak, dan minyak alami ini sangat baik bagi tingkat kelembapan rambut. Beberapa orang lebih memilih mencuci rambut setiap hari, tapi saya tidak,” ujar Arriola.

Ia juga menambahkan, jenis produk yang digunakan harus dapat menangani jenis rambut yang dimiliki secara tepat. Seperti rambut ikal, rambut yang diwarnai putih, rambut berwarna, atau bergelombang.

Namun, yang harus dimiliki adalah sampo dan kondisioner karena keduanya sangat bergizi dan menambah kelembapan hingga ke ujung rambut. Pasalnya, sulit bagi minyak alami kulit kepala untuk menjangkau setiap rambut keriting.

Pada hari ketiga, Arriola menggunakan sampo dan kondisioner (tidak dipakai dalam waktu bersamaan), serta kondisioner krim tanpa bilas setelah mandi.

Lalu, lanjutnya, jika rambut benar-benar terasa kering, kamu bisa melakukan perawatan masker rambut seminggu sekali setelah mandi agar kondisi rambut mengembang penuh nutrisi.

Arriola memberi saran kepada kliennya agar tidak membasahi rambut pada hari di antara pencucian jika memungkinkan.

“Yang saya sarankan, basahi saja jika kamu akan melakukan segalanya: cuci, kondisioner, masker,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/03/162100020/cara-tepat-merawat-rambut-gondrong-dan-keriting

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.