Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pedoman Berbusana Serba Merah Saat Rayakan Imlek

Menurut cerita kuno, tradisi busana merah tersebut dimulai dengan datanganya Nian, binatang buas yang turun dari gunung atau naik dari laut untuk melahap manusia, tanaman, dan hewan ternak pada malam tahun baru.

Penduduk desa di Tiongkok dulu mengetahui kalau makhluk setengah banteng dengan kepala singa ini takut akan tiga hal, yaitu api, kebisingan, dan warna merah. Maka penduduk mengusirnya dengan tiga hal tersebut.

Jadi, setiap sebelum malam tahun baru, penduduk China akan mengenakan pakaian merah, menempelkan pesan bait pada pintu, menyalakan petasan, dan memainkan drum.

Orang Tiongkok pun meyakini bahwa warna merah melambangkan keberuntungan dan nasib baik serta diyakini dapat menangkal roh jahat.

Tak hanya berbusana oriental, kamu juga bisa mengekspresikan gaya saat menyambut Tahun Tikus Logam dalam balutan busana merah berikut:

1. Dress merah
Untuk tampilan lebih formal, dress dengan sentuhan warna merah adalah pilihan yang tepat. Lengkapi penampilan dengan flatshoes, heels, atau boots yang berwarna hitam agar penampilanmu tak serba merah.

3. Blazer merah
Ingin tampil lebih standout? Blazer berwarna merah harus kamu pertimbangkan. Padankan dengan celana berwarna krem dan kemeja dalaman blazer berwarna atau jumpsuit bermotif.

4. Rok merah
Rok merah sangat pas dipadukan dengan blouse hitam bermotif. Outfits tersebut membuat kesan feminism dan berani.

5. Aksesoris
Jika kamu tak ingin mengenakan busana merah, alternatif lainnya kamu dapat mengenakan aksssesoris berwarna merah sebagai highlight, misalnya anting, belt berukuran besar, atau tas.

Namun, jika tak menyukai warna merah sama sekali, kamu dapat menggantinya dengan warna-warna yang cerah, seperti biru, hijau, atau kuning. Jauhilah pakaian yang berwarna hitam dan putih. Sebab, kedua warna tersebut melambangkan duka dan kematian yang pastinya tak ingin kamu rasakan ketika memasuki tahun baru.

(Devi Ari Rahmadhani)

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/15/084000020/pedoman-berbusana-serba-merah-saat-rayakan-imlek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke