Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ajak Anak Belajar Sambil Bermain Pentingnya Kebersihan Diri

KOMPAS.com – Selama pandemi corona kebersihan diri kini menjadi perhatian semua orang di seluruh dunia. Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun wajib belajar tentang pentingnya kebersihan diri sejak dini.

Namun, membiasakan anak untuk mencuci tangan setelah bermain, sebelum makan, hingga setelah buang air, tak selalu mudah.

Anak-anak memang belajar paling mudah dengan meniru. Itu sebabnya orangtua perlu mempratikkan perilu hidup bersih dan sehat di rumah.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan konten-konten edukatif untuk anak agar proses pembelajaran ini lebih menyenangkan.

Salah satu brand edukasi Kodomo Challenge meluncurkan website yang dikhususkan untuk anak usia dini, yaitu Shijimaro.id/dirumahaja yang bisa diakses secara gratis.

Dalam website tersebut terdapat informasi dan video edukasi Shijimaro yang mengajak keluarga untuk menjalani perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk yang terkait dengan Covid-19.

“Para orangtua mungkin bingung bagaimana caranya agar anak-anak bisa tetap mengisi waktunya secara bermanfaat di rumah. Dari situlah kami memutuskan menyediakan konten edukasi yang dapat diakses orangtua dengan mudah dan gratis,” kata Wakil Presiden Director PT.Banesse Indonesia Kodomo Challenge, Akinori Tazume.

Materi-materi di dalam website tersebut bisa dijadikan media pengisi kegiatan anak di rumah. Ada pula materi yang pasti disukai anak, yaitu video gerak dan lagu, serta video edukasi lainnya.

Dekan Fakultas Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta, Sofia Hartati, mengatakan, mewabahnya Covid-19 bisa dimanfaatkan untuk menanamkan cara hidup bersih dan sehat pada anak.

“Melalui website yang digagas oleh Kodomo Challenge, orangtua dapat terbantu dalam memberikan pembelajaran kepada anak mengenai hal ini di rumah,” katanya.

Kodomo Chalenge juga akan membagikan paket edukasi “Ayo Mencuci Tangan dengan Air dan Sabun” secara gratis, yang terdiri dari: buku bergambar kecil, video edukasi, dan poster kepada 1.000 keluarga.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/03/154000520/ajak-anak-belajar-sambil-bermain-pentingnya-kebersihan-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke