Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bermasalah dengan Ibunya, Anak Cenderung Lengket dengan Guru

KOMPAS.com – Anak-anak usia prasekolah atau yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) terkadang lebih pemalu dan butuh banyak bantuan dari gurunya. Namun, jika anak cenderung lengket dengan gurunya, mungkin ada masalah dalam hubungan dengan ibunya.

Demikian menurut kesimpulan tim peneliti dari NYU Steinhardt School of Culture, Education, and Human Development.

“Penelitian kami menunjukkan, guru TK atau preschool punya peran yang besar bagi anak-anak yang punya ketergantungan,” kata ketua peneliti Robin Neuhaus.

Ia mengatakan, anak-anak yang sangat bergantung dengan gurunya itu biasanya punya hubungan yang tidak dekat secara emosional dengan orangtuanya, terutama ibu.

Anak-anak tersebut juga cenderung sangat pemalu, cemas, dan kurang mudah bergaul. Di sinilah peran para guru dibutuhkan.

“Dengan bersikap hangat, suportif, dan mendorong anak-anak untuk berani mengeksplor, para guru TK bisa mengubah mereka, karena anak-anak ini punya kecendrungan akan menghadapi kecemasan di sekolah dasar,” katanya.

Kesimpulan penelitian itu dihasilkan setelah Neuhaus menganalisa data 769 anak dan mempelajari pola kelekatan antara ibu dan anak dari keluarga-keluarga di seluruh Amerika Serikat.

Tim peneliti mengamati bentuk ikatan anak dan ibu pada 36 bulan, 54 bulan, kelas 1, kelas 3 dan kelas 5 sekolah dasar, serta menguji bentuk ketergantungan, kedekatan, konflik, dan perilaku lain antara ibu dan anak, serta anak dengan gurunya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/04/102812520/bermasalah-dengan-ibunya-anak-cenderung-lengket-dengan-guru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke