Salin Artikel

Cari Kerja di Tengah Pandemi Covid, Ke Mana Harus Melamar?

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan di tengah pandemi seperti saat ini mungkin bukanlah situasi yang ideal. Selain pilihan yang lebih terbatas, beberapa perusahaan menutup lowongan kerja mereka untuk sementara waktu.

Lalu, jika kita terpaksa mencari kerja pada situasi saat ini, ke mana harus mencoba melamar?

Banyak perkantoran dan toko ritel ditutup, otoritas kesehatan juga menganjurkan kita untuk berdiam diri di rumah. Oleh karena itu, menurut laporan MarketWatch, kebutuhan berbelanja online cenderung meningkat.

Jadi, para pencari kerja mungkin bisa memeriksa lowongan kerja perusahaan yang bergerak di bidang logistik atau pengiriman.

"Mereka cenderung akan merekrut orang yang datang dari latar belakang berbeda-beda," kata pelatih karier, EB Sanders, kepada MarketWatch.

Perusahaan lainnya yang juga membuka lowongan pekerjaan dalam lingkup global, misalnya Amazon, Walmart, serta perusahaan-perusahaan lainnya yang menjual makanan dan kebutuhan rumah tangga.

Para pakar juga memprediksi, rekrutmen tetap akan berlangsung di perusahaan-perusahaan yang bidang kerjanya berkaitan dengan respons Covid-19.

Misalnya, firma bioteknologi, pemasok perlengkapan medis, rumah sakit dan klinik, pekerja sosial, hingga bidang komunikasi terkait.

Menurut laporan Fortune, perusahaan-perusahaan teknologi yang karyawannya bisa bekerja dari luar kantor juga diperkirakan masih membuka lowongan kerja.

Situs LinkedIn juga merilis daftar "pekerjaan paling dicari selama pandemi virus corona". Pekerjaan yang masuk daftar tersebut antara lain pekerjaan di bidang logistik, pekerja kesehatan, dan teknologi.

Pendidikan, konstruksi, jasa, dan akuntan juga masuk daftar 10 besar pada akhir Maret lalu.

Kita juga bisa berkaca pada masa krisis di masa lalu untuk melihat bidang pekerjaan mana yang bisa kita coba saat ini.

Beberapa pekerjaan seperti pemadam kebakaran, terapis keluarga, polisi, serta pekerjaan yang mengurusi perceraian, kriminal, dan kecelakaan cenderung tetap membuka lowongan dan tetap diminati pada masa-masa krisis tersebut.

Pada akhirnya, kita harus memikirkan peluang untuk menggunakan keterampilan kita sambil membangun keterampilan baru sehingga peluang kerja akan lebih terbuka.

Bagaimana denganmu, sudahkah menemukan lowongan kerja pilihan? Semoga berhasil!


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/02/161401020/cari-kerja-di-tengah-pandemi-covid-ke-mana-harus-melamar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.