Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amankah "Gowes" di Luar Ruangan Selama Pandemi?

KOMPAS.com— Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang diminati selama pandemi. Walau demikian, kita wajib memperhatikan protokol kesehatan, apalagi jika kegiatan gowes ini dilakukan beramai-ramai.

Menurut David Nieman, Dr.PH., profesor kesehatan di Appalachian State University, bersepeda di luar ruangan tetap aman selama kita melakukannya sendirian.

Ia tak menyarankan untuk bersepeda bersama-sama, karena ketika orang berkumpul bersama dan seseorang bersin atau batuk, droplet akan melekat ke benda yang disentuh orang, lalu ada kemungkinan mereka menyentuh wajahnya.

Paparan droplet antarsepeda bisa terjadi dalam jarak 10 meter dengan kecepatan sekitar 10 km per jam.

Untuk itu, yang terbaik saat ini adalah bersepeda solo sambil menikmati alam bebas di daerah-daerah yang tidak padat.

Cobalah mengatur waktu dan rute yang akan dilalui supaya tak ada banyak orang berlalu-lalang. Hindari bersepeda ke wilayah zona merah penyebaran Covid-19.

Bersepeda selama 30 hingga 60 menit akan membantu sistem kekebalan tubuh dan mencegah paparan virus. Hindari bersepeda jika kamu sakit atau berisiko menyebarkan virus.

Sementara itu, menurut Ketua Gerakan Bike to Work, Poetoet Soedarjanto, seperti dikutip dari Kompas.id (4/6), kita juga wajib memakai perlengkapan sepeda yang bisa mencegah paparan droplet.

Perlengkapan tersebut berupa pakaian berlengan panjang, sarung tangan, masker, kacamata, penutup kepala (bandana/topi untuk pesepeda).

Jangan lupa menyediakan antiseptik pencuci tangan dan handuk kecil untuk mengelap keringat, membawa botol minum yang tertutup plastik dan peralatan makan sendiri, serta memilih masker berbahan kain yang tidak terlalu rapat dan mengganggu pernapasan.

Selama pandemi dianjurkan untuk gowes seorang diri. Apabila berkelompok, sebaiknya dalam skala kecil 2-5 orang.

Pada saat gowes, hindari jalur ramai dan zona merah. Jangan lupa untuk selalu jaga jarak antarpesepeda minimal 4 meter.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/07/135354620/amankah-gowes-di-luar-ruangan-selama-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke