Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsep Gaya Pakaian Karakter dalam Drama “It’s Okay To Not Be Okay"

KOMPAS.com—Setiap episode serial drama Korea produksi tvN, “It’s Okay To Not Be Okay” benar-benar penuh dengan sajian visual yang memanjakan mata.

Serial ini tak hanya menawarkan keindahan gambar saja, melainkan juga bagaimana look dari kedua pemeran utama yakni, Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji yang juga dikenal sebagai Seo Yea Ji.

Detail pakaian yang sempurna dan menarik, membuat karakter tetap hidup dan nyaman.

Direktur kostum seri ini Jo Sang Gyeong mengungkapkan dalam sebuah wawancara baru-baru ini bahwa ia sengaja merancang penampilan umum para karakter di drama ini untuk menyampaikan kepribadian dan latar belakang mereka.

"Pakaian telah disatukan sehingga pemirsa dapat melirik karakter dan dengan mudah menebak kecenderungan mereka,” ungkap Jo Sang.

Untuk karakter yang diperankan Kim Soo Hyun, Moon Gang Tae, sutradara memfokuskan pakaiannya pada konsep pengabdian.

Karena Moon Gang Tae telah menjalani kehidupan yang selalu berkorban untuk sang kakak, ia tidak terbiasa merawat dirinya sendiri.

Pakaian lembut dan basic, dimaksudkan untuk menggambarkan kurangnya si karakter untuk merawat dirinya sendiri.

Penampilan umum untuk karakter Gang Tae adalah kaos longgar dengan sepasang celana korduroi tua. Ini adalah kesan yang lembut dan sederhana .

Jo Sang bahkan sengaja mencuci beberapa kali kostum yang dikenakan untuk menimbulkan kesan sedikit lapuk dan usang pada pakaian.

Moon Sang Tae

Di sisi lain, karakter yang diperankan oleh Oh Jung Se, Moon Sang Tae berulang kali terlihat mengenakan kemeja bergaris.

Direktur kostum mengatakan bahwa ini terjadi, berdasarkan beberapa penelitian menyeluruh mengingat karakter Moon Sang Tae adalah seorang pria yang mengidap gangguan spektrum autisme.

“Saya melihat ke beberapa seniman yang juga mengidap autisme. Mereka cenderung menggunakan pola berulang dalam karya mereka. Jadi untuk menyampaikan diagnosa karakter, saya memutuskan untuk mendandaninya dengan pola garis yang berulang,” ujar Jo Sang.

Ko Mun Yeong

Sedangkan untuk karakter Ko Mun Yeong, yang diperankan oleh Seo Ye Ji, sutradara memilih pakaian yang garang, mencolok, dan bahkan eksentrik, untuk benar-benar menggambarkan mekanisme pertahanan dirinya.

Pemilihan gaya sengaja dibuat cenderung gothic agar sesuai dengan gaya bicaranya.

“Pakaian mewah Ko Mun Yeong seharusnya bertentangan dengan kerentanan (perasaannya) yang paling dalam,” kata Jo Sang.

Nam Ju Ri

Adapun karakter yang diperankan oleh Park Gyu Young, Nam Ju Ri, menurut sutradara, tampilan umumnya bertujuan untuk menggambarkan sosok yang hangat.

Pakaian Nam Ju Ri dirancang dalam beberapa lapisan warna yang menciptakan suasana nyaman. Itu untuk mewakili kepribadiannya yang naif dan lembut.

Pakaian pada adegan saat Nam Juri mengenakan kemeja berwarna lavender dengan mantel berwarna merah, mungkin, penggambaran paling akurat dari sifatnya yang cantik dan berhati hangat.

Seragam para medis

Direktur kostum juga mengungkapkan bahwa seragam medis yang dikenakan oleh Moon Gang Tae dan rekan kerjanya di OK Psychiatric Hospital berwarna pastel karena suatu alasan.

Seri ini mencoba menjelaskan rumah sakit jiwa sebagai ruang penyembuhan yang sehat - bukan rumah sakit jiwa yang menakutkan.

“Dengan memberikan seragam staf medis berwarna pastel, bergaya vintage, tujuannya adalah untuk melembutkan suasana rumah sakit secara keseluruhan,” ungkap Jo Sang.

Akhirnya, sebagai sesuatu yang harus diperhatikan oleh para penonton, sutradara berbagi bahwa Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji pasti akan berganti gaya seiring dengan romansa mereka yang semakin dalam.

Nantinya, Moon Gang Tae akan mulai memakai lebih banyak warna, sementara Ko Mun Yeong akan mulai mengenakan pakaian yang lebih kasual dan nyaman. Perubahan penampilan mereka akan datang saat mereka mulai menjadi lebih dekat.

Dengan begitu, pemirsa semakin tidak sabar menantikan episode mendatang dengan mencoba untuk mengintip petunjuk halus dari sutradara melalui pakaian yang dikenakan oleh setiap karakter.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/11/110238120/konsep-gaya-pakaian-karakter-dalam-drama-its-okay-to-not-be-okay

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke