Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yuk, Rutin Zumba untuk Jaga Kesehatan Jantung

KOMPAS.com - Angka kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah sangatlah tinggi. Meski demikian, sebenarnya penyakit kardiovaskular ini dapat dicegah dengan pola hidup sehat. Salah satunya rutin berolahraga kardio seperti zumba.

Zumba merupakan olaraga kardio yang menggabungkan gerakan intensitas rendah dan tinggi yang bisa meningkatkan detak jantung. Selain itu, zumba dapat meningkatkan daya tahan kardio dengan gerakan yang menyenangkan seperti berdansa.

Beberapa dokter juga menyarankan para pasiennya untuk melakukan olahraga zumba guna menjaga kesehatan jantungnya.

“Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengikuti kelas zumba secara rutin meningkatkan kemampuan jantung dan pernapasan untuk menjalankan fungsinya,” ujar praktisi di bidang kedokteran kardiovaskular, Rizky Teguh Riyanto Ph.D, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Zumba termasuk latihan aerobik yang bisa menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah.

Ditambahkan oleh Rizky, mereka yang aktif berolahraga memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang lebih rendah.

Hal ini dikarenakan jantung lebih efektif dalam memompa darah. Selain itu, kapasitas paru-paru untuk menghirup udara yang dipenuhi oksigen menjadi lebih besar.

“Lebih banyak oksigen dan nutrisi yang dapat disebarkan ke seluruh tubuh maka energi sel tubuh menjadi lebih baik,” kata Rizky.

Bakar kalori

Suatu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science & Medicine menyebutkan, mengikuti kelas zumba secara teratur setidaknya 40 menit dapat membakar antara 300 sampai 900 kalori.

Hal itu bermanfaat untuk menjaga berat badan yang sehat sekaligus menghindari faktor risiko penyakit jantung.

Kendati demikian, bagi mereka yang baru ingin mencoba olahraga zumba untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, Rizky menyarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Sebab kondisi setiap orang berbeda.

"Begitu mendapatkan lampu hijau, mulailah mempraktikkan latihan kardio seperti zumba. Latihan kardio membantu membiasakan tubuh dengan gerakan yang lebih aktif dan juga merangsang tubuh untuk bekerja lebih keras dan lebih lama dari biasanya,” ucap Rizky.

Begitu tubuh sudah terbiasa dengan gerakan aktif, maka manfaat kesehatan juga bisa dirasakan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/03/150000620/yuk-rutin-zumba-untuk-jaga-kesehatan-jantung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke