Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mana Lebih Cerdas, Anjing atau Kucing?

KOMPAS.com - Perdebatan mengenai tingkat kecerdasan kucing dan anjing selalu menarik diperbincangkan. Pecinta anjing cenderung mengatakan bahwa anjing lebih pintar daripada kucing. Begitu pula dengan mereka yang menyukai kucing, pasti berpendapat sebaliknya.

Lantas, hewan mana yang lebih pintar? Anjing atau kucing? Para peneliti masih terus menggali kecerdasan kedua hewan tersebut.

"Jawaban yang dapat diberikan hewan kepada kita tentang kemampuannya hanya sebaik pertanyaan yang kita ajukan kepadanya," sebut Dr Annie Valuska, PhD, pakar perilaku hewan peliharaan.

"Mungkin anjing lebih unggul dari kucing karena penelitian dilakukan di lingkungan laboratorium."

"Kucing adalah hewan mangsa yang memiliki rangkaian respons perilaku dalam situasi yang berpotensi menakutkan, menyebabkan kucing tidak berpartisipasi (di laboratorium)."

Melihat kecerdasan anjing dan kucing

Pada manusia, kecerdasan umumnya mengacu pada kemampuan mengingat detail seperti fakta, serta kemampuan memecahkan masalah yang kompleks dan kreatif.

Penelitian biasanya menguji apakah anjing atau kucing dapat mempelajari perintah atau melakukan tugas tertentu.

"Anjing biasanya diperkenalkan dengan orang asing dan tempat asing sebagai bagian dari kehidupan sehari-harinya dan memiliki sejarah panjang dengan manusia selama evolusi spesies kita," jelas Valuska.

"Anjing juga sudah dibiakkan secara selektif untuk ciri-ciri perilaku tertentu. Hasilnya? Anjing bisa dilatih ketika para ilmuwan ingin membawanya ke laboratorium atau menghampiri kandang hewan itu dan memintanya tampil."

Namun, tes untuk menguji kecerdasan tidak berhasil pada kucing. Sebab, kucing memiliki kehidupan sosial yang berbeda dan kemungkinan besar menjinakkan diri dengan caranya sendiri.

Kucing tidak dibiakkan secara selektif agar memiliki perilaku yang diinginkan seperti halnya anjing, dan kucing cenderung lebih mandiri.

"Akibatnya, membuat kucing berpartisipasi dalam eksperimen yang menunjukkan kecerdasan sama seperti anjing bisa jadi sulit," kata Valuska.

"Namun, salah untuk berasumsi bahwa kesulitan ini menunjukkan kecerdasan kucing yang kurang."

Untuk menguji kecerdasan pada kucing, para ilmuwan melihat kategori seperti letak objek, ingatan, dan hubungan sebab akibat. Misalnya apakah kucing mengingat benda yang kita sembunyikan.

"Jika seseorang memiliki kucing yang sudah belajar bahwa menjatuhkan barang dari meja adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian tuannya, artinya kucing itu lulus ujian kecerdasan dengan baik," sambungnya.

Kategori lain yang diuji pada kucing seperti pemahaman tentang waktu, dan isyarat dari manusia untuk melihat apakah kucing akan menanggapi isyarat yang diberikan dan merespons jika namanya dipanggil atau tidak.

Sedangkan untuk tes kecerdasan anjing, terdapat kategori tambahan seperti kemampuan untuk mempelajari perintah, memahami jumlah yang berbeda, dan mempelajari kata-kata seperti nama mainan.

"Beberapa anjing 'jenius' mampu mempelajari nama dari sekitar 100 mainan berbeda, dan memilih mainan yang tepat dari tumpukan saat ditanya," kata Valuska.

Lebih pintar anjing atau kucing?

Banyak dari kita yang mengaitkan kecerdasan hewan dengan seberapa mudah kita melatih hewan tersebut. Karena anjing pada umumnya lebih mudah dilatih, anjing dianggap lebih pintar daripada kucing.

Namun, untuk melatih kucing, kita mungkin hanya perlu menggunakan pendekatan yang berbeda.

Kedua spesies akan mengembangkan ikatan dengan manusia melalui interaksi reguler dan berperilaku dengan cara yang mungkin tidak mudah diuji di laboratorium.

Tes apa pun yang berhasil dalam menguji kecerdasan anjing bisa jadi tidak berhasil saat menguji kecerdasan kucing.

"Tidak ada jawaban pasti apakah kucing atau anjing yang lebih pintar. Fokus pada kemampuan unik setiap spesies dan setiap hewan."

Menurut Valuska, dari pada membuat perbandingan kecerdasan, lebih baik kita menyayangi hewan peliharaan dan memaksimalkan kecerdasan mereka lewat permainan dan mengajaknya beraktivitas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/27/152529120/mana-lebih-cerdas-anjing-atau-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke