Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Grace Kelly Bayar Mahar 2 Juta Dollar AS demi Nikahi Pangeran Monako?

KOMPAS.com - Grace Kelly kala itu disebut harus membayar mahar sebesar 2 juta dollar AS demi menikahi Pengeran Rainer III dari Monako.

Hal ini diketahui dari dokumenter terbaru berjudul Grace Kelly: The Missing Millions, yang ditayangkan oleh jaringan televisi Channel 5 Inggris pada Maret lalu.

Fakta ini mengejutkan publik karena selama ini mantan aktris Hollywood ini terkenal akan kisah cintanya yang bagaikan fairytale.

Aktris cantik asal Amerika Serikat ini jatuh cinta pada pangeran dan rela melepaskan kariernya demi mendampingi suami di negara lain.

Siapa sangka, ternyata dia harus membayar mas kawin kepada keluarga pria, sesuatu yang tidak lazim dilakukan.

Nyatanya, Kelly membayar mahar yang nilainya, jika disesuaikan dengan inflasi saat ini, berkisar 20 juta dollar AS atau Rp 290 miliar.

Peraih Oscar ini bahkan harus menggabungkan warisan keluarga dan hasil kerja kerasnya sebagai aktris demi membayar mas kawin kepada House of Grimaldi, keluarga calon suaminya itu.

Gemma Godfrey, penasihat keuangan yang meneliti aspek keuangan Kelly dalam dokumenter tersebut mengatakan hal ini terbilang amat ironis.

Pasalnya, kebanyakan orang mengira dia hidup bagai di negeri dongeng, dari putri Hollywood menjadi putri kerajaan sesungguhnya.

"Apa yang begitu mengharukan tentang kisah Grace Kelly adalah dia harus membayar untuk menjadi seorang putri," kata Godfrey seperti dikutip dari laman Insider, Jumat (9/4/2021).

Sebaliknya, ketika tutup usia dia hanya memiliki kekayaan sebesar 10.000 dollar AS yang di masa kini setara dengan 27.000 dollar AS atau Rp 392 juta.

Hal ini agak sulit dipercaya jika melihat status dan gaya hidupnya sampai tutup usianya.

Terlebih lagi, dia merupakan salah satu aktris Hollywood legendaris meski kariernya terbilang singkat.

Satu-satunya aset yang dimiliki pun hanya berupa pondok sederhana warisan kakeknya di County Mayo, Irlandia.

Padahal, jika mengalkulasikan penghasilan dan bonus yang didapatnya selama lima tahun di Hollywood, hartanya bisa mencapai 1,5 juta dollar AS. Nilainya di masa kini sebanding dengan 15 juta dollar AS atau Rp 218 miliar.

Sayangnya, tambah Godfrey, angka itu tidak pernah terwujud dan sama sekali tidak disebutkan dalam wasiatnya.

Meski demikian, ada anggapan bahwa wanita berambut pirang ini masih memiliki daftar kekayaan lain di wasiat lainnya yang disimpan oleh Kerajaan Monako.

Grace Kelly sebenarnya lahir dari keluarga yang cukup berada Philadelphia. Ia kemudian merintis karier sebagai model yang membuka jalannya ke dunia film pada 1952.

Kesuksesannya dibuktikan dengan membintangi berbagai film ternama seperti Dial M for Murder dan Rear Window.

Kariernya berakhir ketika ia bertemu Pangeran Rainier di Festival Film Cannes 1955 dan kemudian menikah.

Ia kemudian meninggal dengan tragis ketika terserang stroke dalam kecelakaan mobil pada 1982.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/09/120122720/grace-kelly-bayar-mahar-2-juta-dollar-as-demi-nikahi-pangeran-monako

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke